Nasi Kapau Bukittinggi

Foto : Tim Indonesia Exploride

Jika di Jogja kita mengenal nasi Gudeg, maka lain halnya di daerah Sumatra Barat. Salah satu makanan yang cukup populer di tanah Siti Nurbaya ini adalah Nasi Kapau.

Nasi Kapau ialah nasi ramas khas nagari Kapau. Nasi kapau terdiri atas nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau. Adapun berbagai olahan makanan yang dapat menjadi pilihan pembeli antara lain gulai sayur nangka (cubadak); gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi); gulai cangcang (tulang dan daging kerbau); gulai ikan; kikil; dendeng daging; sayur-mayur seperti campuran kol, rebung muda, kacang panjang dan kadang ada sayur pakis; gulai usus (gulai tambunsu), yaitu campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi; ayam panggang; teri balado; tongkol balado; dendeng balado; goreng belut; ayam goreng; gulai ayam; rendang ayam; dan rendang daging.

Salah satu tempat makan yang menyajikan makanan ini adalah Nagari Kapau letaknya sekitar lima kilometer dari Bukittinggi. Di Bukittinggi, pedagang nasi kapau berada di Pasar Bawah. Uni-uni (ibu-ibu) berdagang nasi kapau dengan dikelilingi banyak wadah berisi olahan makanan, yang jumlahnya dapat mencapai 20 jenis pilihan. Saat melayani pembeli, pedagang akan menggunakan sendok lauk bertangkai panjang agar dapat menjangkau semua wadah makanan.

Begitu pembeli pesan satu piring nasi, meskipun hanya dengan satu jenis lauk dan satu jenis sayur, pedagang akan selalu menambahkan beberapa bumbu atau potongan kecil dari jenis lauk lainnya. Harga nasi kapau tergantung dari banyaknya lauk yang disantap, biasanya sekitar Rp. 15.000 – Rp 20.000. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]

Video tentang kuliner ini

Album foto tentang kuliner ini
Artikel menarik lainnya dari Sumatera Barat


    Komentar