Tahu Susu Lembang

Foto : Tim Indonesia Exploride

Tahu Susu Lembang mulai muncul pada tahun 2008 dan kemudian populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. Dilihat bentuknya, tahu ini sebenarnya sangat mirip dengan tahu pada umumnya, ada yang berwarna putih dan kuning. Permukaannya berubah kering dan renyah setelah digoreng, sementara bagian dalamnya terasa lembut, gurih dan enak.

Sama dengan jenis tahu lainnya, makanan ini berbahan dasar kacang kedelai. Hanya saja, tahu jenis ini dicampur dengan susu sapi murni sehingga selain gurih, teksturnya juga lebih padat. Proses pembuatannya dilakukan secara tradisional dan tanpa bahan pengawet, sehingga pada suhu udara terbuka, makanan ini hanya bertahan sampai 2 hari saja dan maksimal seminggu jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Kehadiran Tahu Susu Lembang ini berawal dari keinginan seorang pengusaha yang ingin mengembangkan tahu sebagai salah satu oleh-oleh favorit. Bukan tahu biasa, tetapi tahu yang rasanya berbeda dari tahu yang biasa, dan bahan-bahannya bisa dengan mudah diperoleh di Lembang. Maka muncullah susu sapi sebagai bahan yang dicampurkan dengan kedelai.

Mengolah Tahu Susu Lembang menjadi hidangan yang nikmat sangatlah mudah. Hanya dengan menggorengnya dengan minyak yang panas dan banyak hingga tahu tenggelam di dalam minyak. Setelah warnanya berubah menjadi coklat cerah, segera diangkat dan disajikan panas-panas agar kerenyahannya kulit luar dan kelembutan bagian dalamnya semakin terasa. Disantap dengan cabai rawit, rasanya semakin mantap. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]

Video tentang kuliner ini

Album foto tentang kuliner ini
Artikel menarik lainnya dari Jawa Barat


    Komentar