Bakti Budaya Djarum Foundation Raih Penghargaan IKJ

Bakti Budaya Djarum Foundation Raih Penghargaan IKJ

Tanggal : 18 April 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Bakti Budaya Djarum Foundation meraih penghargaan dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) untuk kategori Lembaga/instansi yang peduli terhadap kebudayaan. Penghargaan ini diberikan pada malam anugerah Penghargaan IKJ pada tanggal 18 April 2012, bertempat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Penghargaan IKJ diberikan kepada individu atau lembaga-lembaga yang mengembangkan seni peran ditengah-tengah kompetisi dengan industri seni yang cenderung serba instan.

Penghargaan IKJ ini merupakan penghargaan pertama yang diadakan oleh Institut Kesenian Jakarta untuk para pekerja seni peran di teater, film, dan sinetron. Institut Kesenian Jakarta memberikan penghargaan pada tujuh kategori yang terdiri dari tiga kategori umum yaitu Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, dan Sutradara Terbaik. Lalu empat kategori diberikan kepada lembaga-lembaga yang memiliki kepedulian yang besar terhadap dunia seni peran Indonesia.

Peraih penghargaan kategori umum adalah Christine Hakim untuk kategori Pengabdian Sepanjang Masa, Jajang C. Noer sebagai Aktris Terbaik, Dorman Borisman untuk Aktor Terbaik, dan Nano Riantiarno sebagai Sutradara Terbaik. Sedangkan penghargaan untuk kategori lembaga yang peduli terhadap seni peran diraih oleh Bakti Budaya Djarum Foundation (Lembaga Pendukung), SCTV (Media Pendukung), dan Radhar Panca Dahana (Pengamat dan Penulis).

Ketua Panitia Penghargaan IKJ, Gandung Bondowoso, mengatakan zaman mulai berubah. Banyak hal yang serba instan, terburu-buru, pragmatis, selalu mau cepat, termasuk seni peran. “Seni peran di sekolah kami merupakan penempaan yang panjang, serius, dan intensif. Penghargaan IKJ kami hadirkan sebagai pengingat bahwa seni peran adalah perkara olah jiwa. Kami tahu masih ada pihak-pihak yang menghargai itu. Mereka mengetahui seni peran adalah tampakan fisik yang didorong olah jiwa. Mereka ini mengetahui pula seni peran tidak pantas ditampilkan tanpa persiapan yang memadai.”

Sementara itu, Bakti Budaya Djarum Foundation meraih penghargaan untuk kategori Lembaga/instansi Pendukung. Bakti Budaya Djarum Foundation yang dimulai sejak tahun 1992 telah mendukung lebih dari 1.000 kegiatan budaya, merupakan salah satu program dari Djarum Foundation. Bakti Budaya Djarum Foundation mempunyai misi meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia. Mendukung insan kreatif untuk terus berkarya, menggali potensi, mengembangkan dan melestarikan keindahan serta keragaman budaya Indonesia.

Lima juri yang memutuskan peraih Penghargaan IKJ itu adalah Didi Petet, Dedy Mizwar, Cok Simbara, Jose Rizal Manua, dan Irwan Siregar yang kelimanya merupakan alumni IKJ dan namanya sudah tidak asing lagi di dunia seni peran di Indonesia.