Akar Melayu MAK JOGI, Hikayat Jenaka Untuk Indonesia Tahun 2011

Akar Melayu MAK JOGI, Hikayat Jenaka Untuk Indonesia Tahun 2011

Tanggal : 26 Juli 2011 s/d
30 November -0001

Lokasi : Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta

Djarum Apresiasi Budaya mendukung program Indonesia Kita, kali ini menghadirkan pertunjukan Akar Melayu “MAK JOGI” (Hikayat Jenaka Untuk Indonesia) yang akan dipentaskan pada tanggal 26 & 27 Juli 2011, pukul 20.00 WIB di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Gagasan pertunjukan ini diolah Tim Kreatif: Butet Kertaradjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto dan Tom Ibnur.

Pertunjukan “MAK JOGI” yang merupakan pementasan ke-4 program “Indonesia Kita” akan mengolah khasanah seni Melayu. Agus Noor sebagai Penulis Naskah dan Tim Kreatif mengungkapkan, kisah “MAK JOGI” memakai pola bercerita hikayat, alegori tentang akar kebudayaan Melayu bagi Indonesia hari ini.

Pertunjukan dengan sutradara Djaduk Ferianto ini didukung koreografer Tom Ibnur, Hartati, Didik Nini Thowok. Para penyair dan aktor Hunizar Hood, Ramon Damora, Hasan Aspahani dan intelektual yang gemar berjenaka-ria Effendi Gazali. Musik dikerjakan Syahrial dkk dan didukung Hendri Lamiri, Raja Hafidjah, serta diperkuat Kelompok Makyong Tanjungpinang Kepri. Selain itu komedian dengan akar budaya Melayu Udin Semekot akan berkolaborasi dengan juru lucu “Laskar Dagelan” TRIO GAM: Gareng Rakasiwi, Wisben dan Joned.

Yang membuat pertunjukan ini menjadi unik dan menyegarkan, akan tampil aktor sekaligus tukang bertutur asal Aceh yang sangat jenaka Agus Nuramal PM-TOH. Penggarapan busana ditata Samuel Wattimena. Kolaborasi para pekerja dengan semangat lintas budaya ini sebagai penggambaran bagaimana dialog kebudayaan itu terus terjadi dan berkembang, hingga sekarang.