Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Amongster #1: Tubuh di Antara

Amongster #1: Tubuh di Antara

Tanggal : 12 Oktober 2020

Lokasi : Online

Amongster adalah pertunjukan koreografi kotemporer yang mengakar pada tradisi Lengger Lanang Banyumasan. Karya ini dibuat Otniel Tasman sebagai perayaan atas perjalanan tubuhnya selama 10 tahun berkarya menyelami semesta Lengger. Selayaknya perjalanan, tubuh Lengger Otniel telah mengalami begitu banyak hal yang melahirkan kesimpulan bahwasanya identitas lengger yang ia jalani jauh dari kebenaran tunggal, dan terpisah dari definisi umum soal gender, seksualitas, agama, struktur sosial, dan batas-batas yang umum diamini masyarakat.

Dalam upaya merekonstruksi perjalanannya, Otniel meracik karya ini dengan film tari, serta komposisi musik yang dikolaborasikan dalam laku eksperimental. Pertemuan lintas-disiplin ini adalah upaya rekonstruksi, perayaan, serta refleksi atas tubuh Lengger yang Otniel hidupi selama ini. Zen Al Ansory, sutradara kelahiran Solo adalah kolaborator film sekaligus direktur visual untuk pentas ini. Sementara musik noise akan digubah oleh Mahamboro, seorang musisi kontemporer yang mengusung musik eksperimental dalam karya-karyanya.

Sebelum matang menjadi Amongster #1: Tubuh di Antara, proses pengembangan karya ini telah berlangsung lama. Proses riset dilakukan secara berkala, yaitu sejak bulan Agustus 2019 dengan mewawancarai narasumber secara mendalam. Pandemi COVID-19 yang kemudian terjadi hingga hari ini membuat Otniel bersiasat melanjutkan risetnya dengan metode baru yaitu wawancara daring. Sebagai tindak lanjut dan respon selama pandemi, proses riset daring ini didokumentasikan dan ditayangkan di Youtube dalam tajuk Artdaptation.

Setelah ini, Amongster masih akan dikembangkan lagi menjadi karya yang lebih matang. Seperti tubuhnya yang terus melalui perjalanan, karya ini sendiri juga belum menjumpai destinasi akhirnya.