Archiving Apin: Painting the Modern, Mochtar Apin 1940-1990

Archiving Apin: Painting the Modern, Mochtar Apin 1940-1990

Tanggal : 26 September 2013 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Pameran yang melibatkan tiga institusi dan terutama sekali atas dukungan dari pihak keluarga besar Mochtar Apin ini, sebenarnya sudah digagas sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja, karena satu dan lain hal, pameran ini baru bisa terselenggara pada tahun ini.

Semula pameran ini akan disajikan dengan pendekatan pameran yang lazim dilakukan, yaitu memamerkan hasil-hasil karya seniman. Namun, menimbang kekayaan dimensi sang seniman  yang namanya mulai mengemuka sejak zaman pendudukan Jepang di Indonesia ini, kami pandang perlu untuk memamerkan sosok Mochtar Apin dengan sajian yang berbeda. Karena itu selain lukisan, grafis, dan gambar, kami juga menghadirkan arsip-arsip yang terkumpul di studio Mochtar Apin. 

Kegiatan yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini dibagi di tiga tempat pameran:

- NUS Museum (30 September – 29 Oktober 2013)
- Galeri Soemardja, Bandung (18 September – 18 Oktober 2013)
- Edwins Gallery (27 September – 27 Oktober 2013)

Pembagian ini dilakukan mengingat betapa banyak arsip Mochtar Apin yang sangat layak untuk dibuka, dilihat dan dipelajari oleh publik seni rupa Indonesia, maupun di tingkat regional. Kenyataan ini juga ditunjang oleh perilaku Mochtar Apin sendiri yang cermat mengumpulkan arsip-arsip yang bertalian dengan hubungan sosialnya, proses kreatifnya, dan sebagainya di studionya di Bandung.

Model pameran arsip inilah yang dipandang paling mewakili. Dalam proses menuju pameran ini, kami sama-sama menyadari bahwa Mochtar Apin adalah seniman yang memiliki banyak segi menarik untuk diungkap. Dan oleh karena itu pula, kami berharap pameran ini tidak hanya menggiring ke satu atau dua perspektif saja. Tawaran untuk melihat sosok seniman ini secara integral kami jadikan landasan utama. Hal ini dibuktikan, misalnya, bagaimana pikiran-pikirannya yang maju dalam menganalisis situasi seni rupa cukup membuktikan bahwa beliau adalah juga seorang yang memberi pengaruh dalam menumbuhkan tradisi pemikiran seni rupa Indonesia. 

Atas terselenggaranya pameran ini, Edwin’s Gallery menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar almarhum Bapak Mochtar Apin, telah memberi kepercayaan kepada kami untuk kembali memamerkan karya-karya almarhum. Kepada sejumlah pihak yang telah membantu, baik moril maupun materil. 

Diharapkan pameran ini mencapai sasaran yang diinginkan. Semoga di antara karya-karya maupun arsip-arsip tersebut,  sosok Mochtar Apin secara lengkap bisa hadir dan dia menyapa kita semua. Dan dari situ kita bisa menarik sebuah hikmah tentang perjalanan kreatif seorang seniman Indonesia yang memiliki karakter yang khas.


Informasi kegiatan lebih lanjut :
Edwin's Gallery
Kemang Raya No. 21, Kemang, Jakarta 12730, Indonesia
Tel. : +62 21 7194721, +62 21 71790049, Fax : +62 21 71790278
e-mail : edwins_gallery@yahoo.com