Art Inspiring 2015

Art Inspiring 2015

Tanggal : 20 April 2015 s/d
21 April 2015

Lokasi : Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UKM Teater Syahid mengadakan Art Inspiring 2015 pada tanggal 20-21 April 2015 di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Lembaga Teater Perempuan Yogyakarta yang akan menampilkan pementasan teater berjudul “Pilihan Pembayun”, naskah drama karya Hirwan Kuardhani, sutradara Yudiaryani.

Selain itu, Teater Syahid akan memamerkan kaleidoskop perjalanan eksistensinnya dalam waktu 27 tahun. Sebagai teater kampus yang produktif, tak hanya pementasan teater saja tetapi juga akan diadakan diskusi publik dengan tema "Kritik Sosial Melalui Pendekatan Kebudayaan” bersama aktris senior Niniek L. Karim dan seorang seniman sekaligus akademisi berasal dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang merupakan sutradara dari Pementasan Teater Pilihan Pembayun yaitu Prof. Dr. Yudiaryani, M.Hum.

Dalam Art Inspiring tahun ini Teater Syahid juga menggandeng Lab Teater Ciputat dan Institut Seni Indonesia serta didukung oleh Dinas Kebudayaan Yogyakarta, dan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Naskah karangan Hirwan Kuardhani mengangkat kisah salah satu kerajaan di Indonesia yang berlatar tanah Mataram dan Perdikan Mangir yang subur dan makmur. Hidup adalah perjuangan mempertahankan pilihan. Penyatuan Mataram dan Mangir membutuhkan tumbal. Pilihan Pembayun dan Baru Klinting, merupakan wujud masa lalu dan masa depan yang harus dipilih oleh Panembahan Senopati dari Tanah Mataram. Sutradara Yudiaryani merajut lakon Pilihan Pembayun dengan musik tradisi.

Penyatuan Pilihan Pembayun oleh Lembaga Teater Perempuan Yogyakarta, diskusi mengenai kritik sosial melalui pendekatan kebudayaan, dan pameran kaleidoskop Teater Syahid dipersembahkan kepada kita semua yang peduli terhadap seni hingga mempertahankan kebudayaan Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :

Nani (0878 0922 0214) atau Mayang (0857 8194 6519)