Arung Palakka

Arung Palakka

Tanggal : 28 November 2015

Lokasi : Teater Kecil Taman Izmail Marzuki, Jakarta

Di belahan bumi Sulawesi. Terjadilah kisah tentang keperkasaan membela dan memperjuangkan nasib manusia, dari penindasan dan perbudakan. Tentang keberanian yang kini menjadi langka. Keberanian untuk menyatakan hitam itu hitam, dan putih itu putih. Tak pernah menghitung untung rugi dalam membela rakyat. Tak pernah membayangkan, apalagi mengharapkan bahwa kelak namanya akan ditulis dengan tinta emas dalam sejarah bangsa ini.

Bukan mempersoalkan kepahlawanan atau penghianatan. Tapi mempertahankan 'SIRI' (harga diri, kehormatan dan rasa malu). Tentang rasa 'PACCE' (perasaan sakit atas penderitaan saudara sebangsa). Dan 'SARE' yang merupakan keyakinan bahwa perbaikan peruntungan itu terletak pada tindakan orang itu sendiri.

Peristiwa ini adalah ungkapan pemikiran bahwa tulisan dari peristiwa masa lalu, tidak untuk dinilai dengan nilai dan pemikiran masa kini. Tentang dua orang saudara yang saling membinasakan, karena gagal dalam mencari persamaan dalam perbedaan, yang tak mampu menafsirkan kesetiaan yang hakiki menang jadi arang, kalah jadi abu."

"ARUNG PALAKKA" Pementasan ini menggambarkan sejarah Raja dari Palakka, Sulawesi, yang membebaskan perbudakan rakyatnya dalam peperangan yang berlumuran darah saudara sendiri. Dimana pemikiran - pemikiran yang berbeda bisa memecah cinta, melahirkan tangisan, dan memisahkan persaudaraan. Dimana kebenaran berperang melawan kebajikan.

Pertunjukan “Arung Palakka” yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan berlangsung di Teater Kecil Taman Izmail Marzuki, Jakarta, pada tanggal 28-29 November 2015.

Info lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Puput : 0878 7695 2955
Panji : 0878 8375 2750