Batik Kudus Lovers (Bakul), 'Save Batik, Save Kudus'

Batik Kudus Lovers (Bakul), 'Save Batik, Save Kudus'

Tanggal : 25 September 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Batik merupakan mahakarya Indonesia yang sudah diakui Unesco sebagai warisan budaya Indonesia. Diakuinya batik sebagai kepemilikan absolute Indonesia menegaskan kekhasan dan warisan sejarah yang tertulis di atas kain, tidak terkecuali batik Kudus yang keberadaannya sudah ada sejak lampau. Keberadaan batik Kudus telah terpelihara hingga kini dan masih terus dikembangkan. Bagi beberapa orang yang terus memelihara batik Kudus, menorehkan canting di atas kain memiliki filosofi yang khas.

Bakti Budaya Djarum Foundation mendukung Batik Kudus Lovers (Bakul) yang merupakan komunitas pecinta batik Kudus dalam kegiatan “Save Batik, Save Kudus”. Kepedulian anggota Bakul pada kerajinan batik Kudus serta identitas lain di kota Kudus sangat besar, salah satunya terhadap Tugu Identitas. Tugu Identias dibangun sebagai monumen perjuangan rakyat Kudus dalam merebut Kemerdekaan RI. Bentuknya merupakan stylisasi Menara Kudus yang dijadikan lambang daerah Kabupaten Kudus.

Bertepatan dengan ulang tahun Tugu Identitas yang ke 25 Komunitas Bakul berusaha mengembalikan fungsi yang sebenarnya. Untuk itu Komunitas Bakul yang memiliki unsur melestarikan kebudayaan juga bermaksud turut melestarikan jati diri kota Kudus, melalui media batik, perayaan seperempat abad Tugu Identitas bisa mengajak generasi muda di Kudus peduli batik dan kembali mengingatkan spirit filosofi yang tersirat dalam arsitektur Tugu Identitas Kudus.

“Save Batik, Save Kudus” mengkolaborasikan kerajinan khas batik Kudus dan symbol Kudus yang terdapat pada bangunan Tugu Identitas. Melalui kegiatan ini, komunitas Bakul mengangkat dua ikon Kudus yakni batik dan Tugu Identitas yang keberadaannya semakin terlupakan serta membangkitkan jati diri Kudus. Juga sebagai bentuk mencari dukungan masyarakat Kudus terhadap kepedulian pada Tugu Identitas. Terutama generasi muda dan masyarakat di kotanya sendiri.

“Save Batik, Save Kudus” berlangsung pada hari Selasa, 25 September 2012, mulai pukul : 08.00 WIB, bertempat di Tugu Identitas Kudus Kompleks Kudus Extension Mall (KEM). Ada dua kegiatan yang menarik dari serangkaian acara yang digelar, yaitu Penutupan Tugu Identitas Kudus menggunakan kain batik Kudus, serta Fashion show pagelaran busana kreasi batik Kudus.

Semoga dengan kegiatan ini dapat membuat masyarakat semakin mengenal dan memberikan apresiasi terhadap budaya yang dimiliki oleh negeri tercinta. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia. Karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.