Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Bengkel Mime Theatre Mempersembahkan "Tawa Air Mata"

Bengkel Mime Theatre Mempersembahkan "Tawa Air Mata"

Tanggal : 5 November 2019 s/d
6 November 2019

Lokasi : Indie Art House Yogyakarta dan Sarang Building Yogyakarta

Bengkel Mime Thetre (BMT) kembali mencipta karya pantomim baru berjudul TAWA AIR MATA yang disutradarai oleh Andy Eswe. Karya ini mengedepankan bentuk pertunjukan dengan membaca ulang unsur-unsur pemanggungan yang berupa ruang, properti, setting dan musik. Bagaimana unsur-unsur tersebut dapat mengkomunikasikan esensi cerita dan melahirkan impresi-impresi. Selain itu BMT tetap melakoni eksplorasi tubuh, gesture, gerak dan mimik dalam menggarap adegan untuk menghadirkan imajinasi cerita. Karya Pantomim yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Fondation ini proses penciptaanya digarap selama enam bulan.

Narasi pertunjukan ini tentang kerakusan, kedurhakaan, hasrat berkuasa dan angkara murka. Juga kesetiaan dan cita-cita. Digambarkan tentang seorang ibu yang melahirkan ketiga anaknya berupa Celeng yang mempunyai sifat rakus. Mereka hidup dirawat dengan cinta dan sayang oleh ibunya. Anak-anak yang lucu itu tumbuh besar, dan tak disangka, mereka melupakan semua yang telah dilaluinya. Bahkan mereka lupa dengan ibunya, mereka saling cakar berebut makanan, saling hantam, hingga berperang untuk menjadi yang terkuat dan berkuasa. Hanya ingatan-ingatan yang tersisa, seolah air mata itu menertawai kesedihan dan kenangan yang berlalu. Hanya kesetiaan sang ibu yang akan menyadarkan mereka kembali.  

Karya “Tawa Air Mata” ini disutradarai oleh Andy Eswe, dimainkan oleh para aktor Pantomim dan Tari: Ficky Tri Sanjaya, Odon Saridon, Yudha Rena Mahanani, dan Andy Eswe. Penata Artistik oleh Yudhi Becak, Penata lampu Yanuar Edy Wardoyo dan penata musik oleh Iwan Karak. Pimpinan Produksi ditangani Joko Jazz. Kerja kreatif ini melibatkan seniman antar kota (Surakarta dan Yogyakarta) yang diharapkan membuahkan sinergi kreativitas yang sehat dan dinamis.

Jadwal pertunjukan sebagai berikut :
Tanggal 5 – 6 November 2019, pukul 19.30 WIB, di Indie Art House Yogyakarta
Tanggal 29 – 30 November 2019, pukul 19.30 WIB, di Sarang Building Yogyakarta

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia :
Joko Jazz : 0878 3565 9191