"Bertabur Gerak", Jagongan Wagen Edisi Februari 2015

"Bertabur Gerak", Jagongan Wagen Edisi Februari 2015

Tanggal : 28 Februari 2015

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran Rt.04 Rw. 21 No. 148, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen Edisi Februari 2015 merupakan pembuka bagi rangkaian Jagongan Wagen di tahun 2015. Jagongan Wagen kali ini menghadirkan kekuatan gerak dari empat manusia seni tari yang akan bersama dan bersamaan dalam proses menciptakan keindahan gerak yang bertabur melalui Jagongan Wagen Edisi Februari 2015 “Bertabur Gerak”.

Manusia tari dan seninya telah menghabiskan separuh hidup dalam berkarya. Manusia dengan kekuatan seni tarinya telah melalui beribu-ribu usaha yang dilakukan melalui kekuatan seni diri untuk menciptakan lahan berkaryanya. Lahan berkarya diciptakan, diolah, dirawat untuk selalu subur dan siap ditabur. Lahan yang ditaburi gerak untuk menghasilkan, bergerak terus maka lahan pun akan tumbuh dan panen karya yang berkualitas. Panen yang menyokong perkembangan diri yang bertumbuh sebagai manusia seni tari. 

Tema ini mengajak seniman-seniman untuk kembali menghayati gerak (tangan) yang telah ditaburkan selama ini untuk kemudian diolah kembali dan ditaburkan pada lahan kreatif Jagongan Wagen Edisi Februari 2015. Penghayatan atas tangan yang menabur dilakukan untuk menghadirkan rasa dan pengartian serta pengertian yang menyenangkan dan istimewa atas hasil karya “tangan” seorang manusia seni tari yang akan mengundang kekaguman atas gerak yang bertaburan. 

“Bertabur Gerak”, Jagongan Wagen Edisi Februari 2015 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan berlangsung pada Hari Sabtu, 28 Februari 2015, pukul 19.30 - 22.00 WIB, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran Rt.04 Rw. 21 No. 148, Tamantirto, Bantul Yogyakarta.

Seniman yang akan tampil dalam kolaborasi adalah :
1. MM. Ngatini
2. Elisabet Nur Nilasari
3. Anter Asmorotedjo
4. Ninin Tri Wahyuningsih

Kuratorial:  Tim Kurator PSBK (Citra Pratiwi, Nunung Deni Puspitasari, Tita Dian Wulansari).

Jagongan Wagen

Salah satu bentuk Program Presentasi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Jagongan Wagen (JW) digulirkan untuk membawa masyarakat seni dan selain seni secara bersama-sama berpartisipasi dalam mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, di dalam dan melalui praktek pertunjukan di PSBK.

PSBK memfasilitasi proses bagi seniman-seniman yang belajar dan berkarya secara kolaboratif dalam menciptakan dan menyajikan kekuatan artistik berkesenian yang bersifat individu kolektif. PSBK menghadirkan dan memberlangsungkan Program PResentasi sebagai wadah bagi seniman sekaligus untuk memfasilitasi kekuatan proses penciptaan dan presentasi hasil belajar serta berkarya seni di PSBK.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Keberadaan PSBK sejak awal berdirinya, telah menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian baik yang diwujudkan dalam bentuk karya kesenian maupun yang diwujudkan untuk keindahan hidup manusia dan masyarakat.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :

Email: info@psbk.or.id

Tel./Fax.: +62 274 414404