"Bhisma Mahawira",Karya Wayang Orang Bharata

"Bhisma Mahawira",Karya Wayang Orang Bharata

Tanggal : 19 Maret 2016

Lokasi : Gedung WO Bharata, Senen, Jakarta

Sinopsis  Bhisma Mahawira:
Perkawinan Prabu Sentanu dengan Dewi Gangga melahirkan seorang bayi dan diberi nama Dewabrata. Setelah Dewabrata dewasa, Dewi Gangga kembali ke kahyangan. Dewabrata pulalah yang mengawinkan ayahnya Prabu Sentanu dengan Dewi Durgandini yang mempunyai persyaratan yang sangat berat, yaitu Dewabrata tidak boleh naik tahta Kerajaan Astina. Lalu Dewabrata bersumpah dia akan menjadi Brahmanacarai (Resi) dan tidak akan menikah (Wadat). Karena baktinya kepada ayahnya, Dewa memberi Kanugraha kesaktian yang tiada tara (Mahawira) dan Dewabrata tidak dapat mati kalau tidak kemauan sendiri.

Dari perkawinan Prabu Sentanu dengan Dewi Durgandini, Dewabrata mempunyai saudara yang bernama Citragada dan Citrasena. Dewabrata/Bisma diperintahkan mengikuti sayembara di Negara Kasipura setelah Dewabrata dapat membunuh Wahmuka dan Arimuka, dia dapat mendapat tiga putri untuk dibawa ke Astina. Di tengah perjalanan Dewi Amba memohon kepada Resi Bisma agar dibebaskan, karena dia telah mempunyai seorang kekasih yang bernama Prabu Citramuka. Permintaan Dewi Amba dikabulkan dan pergilah ia menyusul Prabu Citramuka.

Tetapi Prabu Citramuka menolaknya karena Dewi Amba telah menjadi milik Dewabrata seperti dalam ketentuan sayembara perang. Kemudian Dewi Amba kembali menemui Dewabrata dan memohon agar diperkenankan ikut bersama saudarinya Ambika dan Ambalika ke Astina. Dewabrata tidak dapat menerima kembali sebagai putri boyongan. Dewi Amba memaksanya sehingga menimbulkan kemarahan Dewabrata dan mengancamnya dengan menodongkan pusakanya. Tetapi tanpa sengaja anak panah terlepas dari busurnya dan meluncur mengenai dada Dewi Amba. Sebelum meninggal Dewi Amba mengeluarkan kutukan kepada Dewabrata. Dewi Amba akan membalas dendamnya dengan perantara seorang prajurit wanita dalam perang Bharata Yudha.

Informasi lebih lanjut mengenai pertunjukan, silahkan menghubungi  :
Bpk. Yunus        : 0856 121 1842
Mbak Endang    : 0858 1450 4644