Calonarang

Calonarang

Tanggal : 25 April 2013 s/d
30 November -0001

Lokasi : Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki

Untuk merayakan hari jadi yang ke-30, Jakarta Post mempersembahkan sebuah pergelaran tari bertajuk Calonarang. Pertunjukan yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation tersebut diadakan pada hari Kamis tanggal 25 April 2013, pukul 20.15, bertempat di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Cerita Calonarang bersetting di Bali. Calonarang adalah seorang penyihir jahat yang sangat tersohor dan ditakuti di Bali. Begitu menakutkannya hingga tak ada seorangpun yang mau meminang dan menikahi anak perempuannya, Ratna Manggali, walaupun ia terkenal cantik tiada tara. Kemampuan teluh Calonarang membawa ancaman pada banyak pihak dan menebarkan bencana dipenjuru daerah, terutama setelah amarahnya tersulut karena memikirkan nasib anaknya yang tak kunjung menikah. Dengan bantuan sihir hitamnya, ia menyebarkan wabah penyakit yang membinasakan desa-desa sekitarnya.
 
Raja Airlangga yang bertahta saat itupun segera mencari cara untuk menghentikan kejahatan Calonarang. Ia segera menitahkan salah satu panditanya, Empu Baradah, untuk melemahkan kekuatan Calonarang. Empu Baradah kemudian mengirim salah satu muridnya, Empu Bahula, untuk menikahi Ratna Manggali. Calonarang menerima pernikahan tersebut dengan senang, tanpa mengira bahwa Empu Bahula menikahi anaknya hanya sebagai rencana untuk melumpuhkannya.

Ratna Manggali kemudian mencuri kekuatan sihir ibunya dan memberikannya pada Empu Bahula. Calonarang yang kemudian menyadari pengkhianatan anaknya sendiri dengan murka menyerang Raja Airlangga. Peperangan tanpa akhir pun terjadi diantara kedua belah pihak.
 
Mengulangi kesuksesan pada November 2009 lalu, Calonarang kembali dipentaskan oleh para maestro tari tradisional Indonesia. Kolaborasi antara keindahan tari Jawa Retno Maruti dan keunikan tari Bali Bulantrisna Djelantik menciptakan perpaduan serasi dari tari Bedaya yang lembut dan pelan dengan tari Legong yang menghentak dan cepat. Kali ini, Retno Maruti yang berperan sebagai Empu Baradah menari dengan anaknya, Rury Nostalgia yang berperan sebagai Empu Bahula. Bulantrisna Djelantik berperan sebagai Calonarang sementara Ratna Manggali diperankan oleh Adrienna Hamidah Wallis.