"Dara Pati", Jagongan Wagen Edisi Juli 2017

"Dara Pati", Jagongan Wagen Edisi Juli 2017

Tanggal : 29 Juli 2017

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Pada bulan Juli ini, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mewujudkan kolaborasi kreatif melalui Jagongan Wagen Edisi Juli 2017. Edisi kali ini merupakan perwujudan atas proses kreatif yang menjembatani antar disiplin seni melalui seniman yang terlibat dalam Program Seniman Pasca-terampil 2017. Proses kolaborasi dalam penciptaan karya pertunjukan interdisipin dihadirkan dalam ruang Jagongan Wagen Edisi Juli di PSBK kali ini berangkat dari titik tolak kisah Rara Mendut yang ditulis oleh Y B Mangunwijaya berdasar cerita rakyat klasik Babad Tanah Jawi.

Untuk Jagongan Wagen edisi Juli 2017, melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi Juli 2017 “Dara Pati”.

Dara Pati adalah hasil Proyek Interdisiplin PSBK yang kedua pada tahun 2017. Empat seniman dari disiplin seni berbeda, peraih beasiswa Seniman Pasca-terampil PSBK tahun 2017, bersama-sama mewujudkan sebuah proses kolaborasi lintas disiplin. Titik tolak penciptaan diambil dari kisah Rara Mendut yang ditulis oleh YB Mangunwijaya berdasar cerita klasik Babad Tanah Jawi, tentang perawan lugu dari pesisir yang terseret arus nasib dan politik kaum ningrat sebagai tawanan perang, potret orang kecil yang menjadi korban dari konflik-konflik besar.

Sebagai kelanjutan bagian pertama yang dipresentasikan bulan April 2017 lalu, Dara Pati ingin memaparkan peristiwa-peristiwa dan dinamika hasrat terdalam manusia yang terjebak dalam pusaran politik, kekuasaan, dan kepentingan kaum ningrat yang semakin deras menggilas apapun yang menghalanginya. Melalui Dara Pati, masing-masing seniman telah menantang dirinya untuk mengerahkan kekuatan tafsir dan imajinasi atas berbagai peristiwa dan situasi batin tokoh dalam cerita Rara Mendut. Harapan, nafsu berkuasa, ketakutan, penderitaan, dan keinginan mempertahankan kemerdekaan jiwa, bercampur dalam pusaran politik kekuasaan yang keras dan rawan menggelincirkan siapa pun, termasuk diri sendiri.

Seniman yang mewujudkan gagasannya dalam Jagongan Wagen Edisi Juli 2017 adalah:
1. Andrik Musflari  (Seniman Rupa)
2. Hangga Uka H N A P (Seniman Tari)
3. RR Arianne Kresandini R (Seniman Rupa)
4. Galuh Tulus Utama (Seniman Teater)

Jagongan Wagen Edisi Juli 2017 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada 29 Juli 2017, Pukul 19.30 – 22.00 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.


Jagongan Wagen (JW)

Jagongan Wagen (JW), adalah ruang masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama berpartisipasi dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, melalui praktik pertunjukan di PSBK. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, Jagongan Wagen secara nyata mengedepankan bentuk dan isi dari kekuatan kesenian, melalui penciptaan dan pementasan pertunjukan seni. Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan dan difasilitasi oleh PSBK, merupakan proses bagi seniman-seniman untuk secara kolaboratif belajar menciptakan dan menyajikan kekuatan artisitik berkesenian, baik yang bersifat individual maupun kolektif.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

PSBK, yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978, sejak awal berdirinya memberikan serta menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang berwujud keindahan hidup manusia dan masyarakat maupun karya itu sendiri. PSBK, bersama dengan seniman dan masyarakat luas serta melalui proses belajar seninya, berusaha menciptakan kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah. Dengan demikian PSBK mengembangkan dan memperluas visi Alm. Bagong Kussudiardja mengenai peran kehidupan seni dalam memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja /Twitter: @PSBK_Jogja
Youtube: media psbk / Instagram : @psbk_jogja