“Di Batas Cahaya”, Jagongan Wagen Edisi Februari 2017

“Di Batas Cahaya”, Jagongan Wagen Edisi Februari 2017

Tanggal : 25 Februari 2017

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Mengawali rangkaian Jagongan Wagen tahun 2017, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) pada bulan Februari ini memberi kesempatan bagi dua seniman Belanda, yang bekerjasama dengan enam seniman Yogyakarta, untuk mengeksplorasi kekuatan tata cahaya dan menantang disiplin masing-masing (seni rupa, tari, musik). Dengan semangat membangun jembatan antar budaya dua Negara, sajian pertunjukan membuka bentuk pertunjukan yang segar dalam penciptaan karya interdisipliner hasil kolaborasi kreatif.

Melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi Februari 2017 “Di Batas Cahaya”.

Tata cahaya adalah salah satu pembentuk fenomena spasial yang membentuk ruang-ruang teatrikal bagi hadir dan berjalinnya elemen-elemen pertunjukan yang lain menjadi satu kesatuan. Menggunakan metode penciptaan interdisiplin, Di Batas Cahaya adalah hasil dari kolaborasi kreatif yang meletakkan tata cahaya sebagai titik awal dan heartbeat pertunjukan.

Sebagai titik awal, eksplorasi tata cahaya mengambil inspirasi dari karya-karya Seni Rupa, terutama karya Edward Hopper yang mengeksplorasi cahaya, ruang, dan kekuatan interaksinya dengan kompleksitas emosi subjek di dalamnya. Dalam pertunjukan, kekuatan itu diwujudkan melalui tata cahaya yang menghadirkan sekaligus berinteraksi dengan elemen artistik pertunjukan yang lain, yaitu ruang, teks, musik, gerak, dan visual, beserta kompleksitas emosi dan kekuatan masing-masing.

Proses penciptaan sajian Jagongan Wagen kali ini dapat terlaksana dengan tiga seniman yang mewakili jurusan Theatre in Education, Academy of Theatre and Dance (ATD), Amsterdam University of the Arts (AHK), yaitu Jantien Fick, Lisa Kimberly Giezen, dan Bruin Otten.

Seniman-seniman yang terlibat dalam proses kolaborasi serta sajian Jagongan Wagen Edisi Februari 2017 ini adalah :

1.    Arif Hanungtyas Sukardi (Seni Rupa)
2.    Eka Wahyuni (Seni Tari)
3.    Gendra Wisnu Buana (Seni Musik)
4.    Iqro’ Ahmad Ibrahim Laili Subkhi (Seni Rupa)
5.    Jantien Fick (Seni Teater)
6.    Lisa Kimberly Giezen (Seni Teater)
7.    Muhammad Dinu Imansyah (Seni Teater)
8.    Rosalia Novia Ariswari (Seni Tari)

Jagongan Wagen Edisi Februari 2017 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2017, Pukul 19.30 – 22.00 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)
Jagongan Wagen (JW), adalah ruang masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama berpartisipasi  dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, melalui praktik pertunjukan di PSBK. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, Jagongan Wagen secara nyata mengedepankan bentuk dan isi dari kekuatan kesenian, melalui penciptaan dan pementasan pertunjukan seni. Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan dan difasilitasi oleh PSBK, merupakan proses bagi seniman-seniman untuk secara kolaboratif belajar menciptakan dan menyajikan kekuatan artisitik berkesenian, baik yang bersifat individual maupun kolektif.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
PSBK, yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978, sejak awal berdirinya  memberikan serta menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang berwujud keindahan hidup manusia dan masyarakat maupun karya itu sendiri. PSBK, bersama dengan seniman dan masyarakat luas serta melalui proses belajar seninya, berusaha menciptakan kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah. Dengan demikian PSBK mengembangkan dan memperluas visi Alm. Bagong Kussudiardja mengenai peran kehidupan seni dalam memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja     Twitter: @PSBK_Jogja