Festival Musik TEMBI Tahun 2014

Festival Musik TEMBI Tahun 2014

Tanggal : 22 Mei 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Tembi Rumah Budaya, Jl. Parangtritis Km 8,4 Tembi, Yogyakarta

Festival Musik Tembi 2014 diadakan pada 22 – 24 Mei 2014 di Tembi Rumah Budaya, Jl. Parangtritis Km 8,4 Tembi, Yogyakarta. Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh foMbi (Forum Musik Tembi) ini merupakan bagian dari kegiatan Yayasan Tembi Rumah Budaya yang dibuat oleh komunitas, peminat, pelaku, dan penikmat musik dibawah naungan Tembi Rumah Budaya yang bertujuan melahirkan produk-produk kreatif berbasis budaya lokal yang berkualitas dan menjadi bagian dari jaringan masyarakat kreatif dunia.

Sebagai bentuk kontinuitas dari Festival Musik Tembi setiap tahunnya sejak tahun 2011, festival ini digelar  dengan memberikan ruang berkreasi dan berkreatifitas bagi musisi muda dalam bermusik tanpa sekat genre. Adapun Festival ini diselenggarakan sebagai agenda dari foMbi (Forum Musik Tembi) untuk menjaring komunitas baik peminat, pelaku dan penikmat musik dalam bertukar pikiran dan berbagi pengalaman bermusik, serta semua hal yang berkaitan dengan musik. Mengingatkan kembali bagi generasi muda kepada jati diri bangsa, dengan memberikan wadah berkreasi bagi musisi muda di Indonesia sehingga tercipta karya musik Indonesia yang baru dan sesuai dengan perkembangan jaman. Membangkitkan kreativitas dalam kebebasan bermusik, menciptakan karya cipta musik, dan mempertunjukkan serta memperdengarkan kembali musik tradisi Indonesia.

Festival Musik TEMBI memiliki beberapa program yang terdiri atas Panggung Terbuka (Open Stage), Panggung Nominasi MUSIK TRADISI BARU, Pasar Musik, dan Lokakarya. Panggung Terbuka (Open Stage) merupakan pertunjukan musik yang diperuntukkan untuk khalayak umum. Dalam acara ini, Fombi mengundang beberapa musisi lokal maupun nasional. Bahkan Fombi pun menghadirkan musik tradisi murni Indonesia yang berasal dari Banyuwangi. Open Stage akan dilaksanakan pada tanggal 22 dan 24 Mei tepatnya hari Kamis dan Sabtu yang akan dimulai dari pukul 19.00 WIB, menampilkan Bad Cellist, Swarahsa, Saron Groove, Risky Summerbee & The Honey Thief, Kinanti Sekar Rahina, Etawa Jazz, Wangi Hujan, Gandrung Banyuwangi, Kunokini.

Untuk program berikutnya ada Panggung Nominasi MUSIK TRADISI BARU yang akan dilaksanakan pada Kamis, 23 Mei pukul 19.00 di Tembi Rumah Budaya. Program Musik Tradisi Baru merupakan program yang selalu menjadi warna tersendiri dari rangkaian FESTIVAL MUSIK TEMBI. Pada program ini, teman-teman FOMBI berusaha mewadahi para kreator muda dalam meramu musik tradisi Indonesia yang ditransformasi ke dalam berbagai genre. Hampir selama tiga bulan teman-teman FOMBI membuka pintu selebar-lebarnya untuk menerima karya teman-teman dari mana saja asalkan masih dalam koridor persyaratan yang teman-teman FOMBI buat. Setelah melalui proses kurasi, akhirnya FOMBI menemukan 9 group yang lolos pada seleksi awal dan akan dipentaskan. 9 group tersebut tidak hanya datang dari Yogyakarta, beberapa berasal dari Bali, Bandung, Surabaya dan Solo. Pada Panggung Nominasi MUSIK TRADISI BARU, FOMBI pun masih akan mengkurasi 7 terbaik. Proses kurasi ini akan dilakukan oleh para pengamat musik yang terdiri atas Rizaldi Siagian (Etnomusikolog), Aji Wartono (Pemerhati Musik), dan Joko S Gombloh (Pemerhati dan Pelaku Musik). Kemudian 7 terbaik tersebut akan masuk kedalam album kompilasi MUSIK TRADISI BARU 2014.

Untuk program selanjutnya Festival Musik Tembi membuka program PASAR MUSIK. PASAR MUSIK merupakan bentuk bazaar alat musik, merchandise, dan beberapa stand yang menggiurkan lidah. PASAR MUSIK akan dibuka dari pukul 16.00 selama 3 hari. Semua pengunjung boleh datang dan membeli sepuasnya. Tidak ada larangan sama sekali untuk memborong barang-barang yang dijajakan di sana.

Program yang terakhir dalam rangkaian FESTIVAL MUSIK TEMBI yakni Lokakarya. Lokakarya akan dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Mei tepatnya pukul 13.00 sampai selesai. Dalam program ini, FOMBI memberi ruang ekplorasi dalam bentuk workshop yang akan diadakan pada Jumat, 23 Mei. Workshop ini akan dinarasumberi oleh Kanako Abe dan Kunokini yang akan terbagi ke dalam 2 segment. Kemudian pada Sabtu, 24 Mei merupakan lokakarya dalam bentuk bincang-bincang yang akan dinarasumberi oleh pengamat musik. Pada bincang-bincang ini pengamat musik akan mengevaluasi tentang pertunjukan MUSIK TRADISI BARU pada malam sebelumnya.

Info lebih lanjut :
foMbi (forum Musik teMbi) 0878 3941 1192
email: tembi.musik@yahoo.com
www.fombi.net