Festival Nan Jombang “Tari Buai Buai dan Tari Piriang”

Festival Nan Jombang “Tari Buai Buai dan Tari Piriang”

Tanggal : 3 Juni 2016

Lokasi : Ladang Tari Nan Jombang, Sanggar Rimbo Tarok, Belakang Perumahan POLDA Balai Baru Padang, Sumatera Barat

Festival Nan Jombang yang dilaksanakan oleh Komunitas Galombang Minangkabau di bawah payung Nan Jombang Grup, tahun ini telah memasuki tahun ke empat penyelenggaraannya yang dilaksanakan setiap bulan di setiap tanggal tiga.

Pada tanggal 3 Juni 2016, Festival yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menampilkan Sanggar Minang Saiyo dari Pauah Padang yang menampilkan kesenian tradisi tari buai buai dan Tari Piriang.

Tari buai-buai lahir dari budaya yang tampak dan dilakukan nenek moyang orang Pauh di sawah, yaitu ketika sang ibu membuai-buai anaknya saat berada di sawah. Tidak sebatas itu, gerakan tari buai-buai ternyata juga memadupadankan gerakan petani saat bekerja di sawah hingga gerakan makhluk hidup yang tampak di sekitarnya.

Bagi nenek moyang orang Pauh, tari buai-buai merupakan permainan yang diajarkan disela-sela belajar randai. Saat ini, tari buai-buai masih sering ditampilkan dalam berbagai acara adat, pelatihan, dan hiburan. Harapanya, dengan adanya kegiatan Festival Nan Jombang Tanggal 3 ini, kesenian tradisi yang merupakan aset negeri tidak akan pernah hilang.

Tari Piriang atau Tari Piring adalah salah satu seni tari tradisional dari Minangkabau. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Tari Piring merupakan sebuah simbol masyarakat Minangkabau yang gerak dasarnya terdiri dari langkah-langkah Silat Minangkabau. Tari ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan karena  hasil panen yang melimpah ruah.

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :

Angga Djamar : 0812 6616 716