Festival Teater Jakarta 2012

Festival Teater Jakarta 2012

Tanggal : 26 November 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Taman Ismail Marzuki

Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mendukung Festival Teater Jakarta yang kali ini telah memasuki pelaksanaannya yang ke 40. Ini adalah sebuah rekor yang tak pernah dicermati sebelumnya. Bahwa pada kenyataannya Festival Teater ini nyata adalah sebuah Festival Teater Tertua Dalam Format Kompetisi di dunia. Festival Teater Jakarta ini berlangsung sejak tahun 1973 dan dicetuskan oleh Alm. Wahyu Sihombing (Dulu bernama Festival Teater Remaja, sejak 1973 hingga 2000). Beberapa tahun belakangan acara ini diselenggarakan Dewan Kesenian Jakarta di Taman Ismail Marzuki dengan harapan para seniman teater jakarta mendapat perhatian sebagaimana mestinya hingga dapat menghasilkan karya yang tidak hanya memenuhi sarat kualitas dan kuantitas, melainkan juga karya yang inovatif. Tahun ini, Final FTJ 2012 diikuti oleh 16 kelompok hasil penyaringan dari 5 wilayah di Jakarta.

Sejak 2010 Festival Teater Jakarta (FTJ) berusaha membuat sebuah platform yang mengusung prinsip besar MEMBACA AKU MEMBACA LAKU. Platform yang dilaksanakan selama tiga tahun dengan tema dan fokus yang berbeda setiap tahunnya : Membaca Lingkungan, Membaca Naskah dan Membaca Tradisi. Pada perhelatannya yang ke-40 ditahun 2012, ini FTJ mengambil subtema “Membaca Tradisi”. Tema ini akan menjadi semangat olah kreatif bagi para pekerja seni teater Jakarta khususnya para kreator muda. Tema ini juga akan menjadi pemicu kreatifitas seluruh pengurus dan anggota asosiasi teater di lima wilayah Jakarta dalam pelaksanaan FTJ dan program tahunannya. Dengan demikian diharapkan FTJ dapat merangsang dan mengkondisikan kehidupan perteateran di Jakarta pada persoalan peningkatan kualitas tampilan estetik danartistik disatu sisi, pada sisi konten (tema cerita) pun menyentuh persoalan (baca: tradisi) kehidupan masyarakat khususnya masyarakat urban Jakarta. Jangkauan dari dua sisi inilah yang nantinya diharapkan mewujud pada ‘teater yang hidup’ dan mengembalikan teater sebagai hiburan yang mencerdaskan serta menjadikan teater sebagai kebutuhan masyarakat Jakarta.

Sebagai sebuah ajang kreatif yang telah bertahan 40 tahun, FTJ menjadi sebuah fenomena menarik untuk dikaji dan diuji sebagai lembaga pembinaan perteateran di Jakarta. Perjalanannya yang relatif panjang menjadi bukti kebertahanan sebuah proses pembinaan yang terus menerus tanpa putus yang mengisyaratkan adanya sistem dan mekanisme yang solid dan terjaga. FTJ memungkinkan menjadi semacam cermin bagi proses pembinaan perteateran di Indonesia. Hal inilah yang akan menjadi kunci penyelenggaraan FTJ ke-40 tahun 2012 ini untuk disaksikan disamping kualitas penampilan peserta lomba teater yang menjadi inti perhelatannya.

Waktu penyelenggaraan diselenggarakan mulai tanggal 26 November sampai dengan 13 Desember  2012. Diawali dengan Pembukaan FTJ 2012, pada hari Senin, tanggal 26 November 2012 yang akan diadakan di Studio Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM).

Hari-hari selanjutnya, FTJ 2012 diisi dengan acara Final Lomba FTJ 2012 selama 16 hari  (27 November s/d 12 Desember 2012, Tanggal 13 Desember Malam Anugrah FTJ 2012). Pada setiap hari pelaksanaannya diselenggarakan 1 (satu) kali pertunjukan. Bersamaan dengan hari pelaksanaan tersebut dan FTJ 2012 akan pula diramaikan oleh berbagai acara seperti Pameran 40 Tahun Festvival Teater Jakarta, Workshop Metodologi Riset Teater, Presentasi Pengelolaan Teater di Negara Lain, Diskusi Perempuan dan Teater, Diskusi 40 Tahun Festival Teater Jakarta, Pertemuan Komite Teater Se-Indonesia, Dramatic Reading oleh 2 Kelompok Teater Lulusan FTJ dan Diskusi sutradara pentas teater di tiap akhir pementasan tentang pemaparan konsep dan proses pentas mereka.

Pada tanggal 13 Desember 2012 merupakan acara penutupan FTJ 2012. Selain acara evaluasi penampilan peserta FTJ 2012 oleh Dewan Juri, pengumuman dan  pemberian hadiah,  FTJ 2012 akan ditutup dengan format malam anugrah pemenang.

Informasi mengenai FTJ bisa menghubungi :
Dewi Djaja : 0815 9787 838
Selvi : 021 3193 7639