Festival Teater Jakarta Tahun 2011

Festival Teater Jakarta Tahun 2011

Tanggal : 29 November 2011 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Bakti Budaya Djarum Foundation mendukung FTJ 2011. Sebanyak 14 grup teater terbaik dari lima wilayah Jakarta akan memperebutkan gelar juara dalam Festival Teater Jakarta (FTJ) 2011 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 29 November sampai dengan 14 Desember 2011 di beberapa tempat pertunjukan di Jakarta. Tahun ini FTJ akan dilaksanakan untuk ke-39 kalinya dimana akan mengambil tema "Membaca Aku, Membaca Laku" sebagai platform pembentukan potensi teaterawan ibukota. Festival teater yang diprakarsai Wahyu Sihombing, didukung oleh Komite Teater-Dewan Kesenian Jakarta, mantan Gubernur Jakarta, alm. Ali Sadikin dan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Adapun mata acara pendukung FTJ 2011 adalah Pasar Drama, Warung Kepulauan Seribu, Diskusi Tematik, Peluncuran Buku, Pemutaran Dokumentasi Video Teater dan penerbitan majalah teater. Diskusi tematik yang akan dilangsungkan adalah: "Perkembangan Pengaruh Seni Rupa dalam Artistik Panggung Seni Pertunjukan Kini", dengan pembicara utama Teguh Ostenrik dan pembicara lainnya Iswadi Pratama dari Teater Satu Lampung (Grup Terbaik Indonesia versi Majalah Tempo), Titarubi (Seniwati dari Yogyakarta) dan Jompet (Penata Artistik dari Teater Garasi Jogjakarta).

Selain itu akan membahas "Perkembangan Lanskap Seni Pertunjukan di Jakarta dan Pengaruhnya pada Kehidupan Teater Indonesia", dengan pembicara seperti Goenawan Mohamad, Arie Budiman, dan Riri Riza. Manajemen Teater Komunitas dengan pembicara seperti RM Sandyawan Sumardi dari Ciliwung Merdeka, Arief Yudhi dari Jatiwangi Art Factory-Bandung, Wahyu Susilo dari Sanggar Akar, Iman Soleh dari Komunitas CCL-Bandung.