Film And Art Celebration (FILARIC) 2015

Film And Art Celebration (FILARIC) 2015

Tanggal : 27 Maret 2015 s/d
29 Maret 2015

Lokasi : Taman Ismail Marzuki, Jakarta

Masyarakat film Indonesia punya tanggal khusus setiap 30 Maret untuk merayakan perjalanan film nasional sepanjang tahun. Hari Film Nasional merupakan momentum yang tepat bagi pegiat perfilman tanah air untuk melihat dan mengkaji kembali sejauh mana pencapaian yang telah dicapai. Pada tahun ini, masyarakat film Indonesia yang terdiri dari APROFI (Asosiasi Producer Film Indonesia), Dewan Kesenian Jakarta, Kineforum dan asosiasi perfilman, komunitas film dan penggiat perfilman menyelenggarakan acara Film and Art Celebration (FILARTC) tanggal 27-29 Maret 2015 di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Selain sebagai etalase industri perfilman Indonesia, FILARTC 2015 merupakan meeting point berbagai pemangku kepentingan perfilman tanah air untuk mencari solusi konkret permasalahan dan tantangan yang tengah dihadapi. FILARTC yang dikemas dalam bentuk Film Celebration akan menjadi kegiatan yang tergolong baru dilaksanakan di Jakarta. Berbagai elemen pendukung dalam karya film mendapatkan posisi terhormat selama kegiatan FILARTC berlangsung.

Dalam kegiatan ini, pecinta film Indonesia akan disuguhi berbagai kegiatan menarik seperti pemutaran film, seminar, seni pertunjukkan, pameran fotografi, poster, make up effect, kostum, musik hingga bazaar. Target pengunjung dalam FILARTC 2015 bukan semata pecinta film saja, tetapi juga pelajar, pekerja seni, budayawan, penikmat seni hingga masyarakat umum lainnya. Guna menjaring jumlah pengunjung, masyarakat tidak dipungut biaya masuk selama tiga hari acara berlangsung.

FILARTC diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap film Indonesia. Apresiasi publik dan political will pemerintah dalam mendukung film nasional merupakan tantangan bagi para pelaku perfilman tanah air. Masih rendahnya apresiasi publik terhadap karya anak bangsa dapat dilihat dari jumlah penonton yang fluktuatif sampai saat ini. Sementara peran pemerintah dirasakan masih kurang optimal dalam membuat kebijakan yang mendorong pertumbuhan film Indonesia.

FILARTC 2015 diselenggarakan pada tanggal 27-29 Maret 2015, berlokasi di kompleks Taman Ismail Marzuki dan akan menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat perfilman. Pada penyelenggaraan tahun ini akan diputar beberapa film besar yang merupakan milestone dan sejarah perwakilan dari generasi perfilman Indonesia, yaitu Darah dan Doa, Lewat Jam Malam, Tjoet Nya’ Dhien, Bibir Mer, Cinta Dalam Sepotong Roti, Ayat-ayat Cinta, Kuldesak, Laskar Pelangi, Ca Bau Kan dan Cahaya dari Timur. Sementara beberapa musisi yang akan mengisi antara lain Bondan, NEO, TOR, Matajiwa, P.A.L.L.O, Endah and Resha, Pandai Besi, Amanda, Bonita and The Husband, Iman Fatah Sonic Montage, Rika Roeslan dan Vicky Sianipar. Sedangkan beberapa nama pengisi FILARTC FILM FORUM antara lain Triawan Munaf, Anies Baswedan, Rudiantara, Sheila Timothy, Kemala Atmodjo, Philip Cheah, David Hanan, dsb.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Amin Shabana
Film Publicist
0813 8296 9602