Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2014 "Pagelaran Tari Kontemporer Lagu Baru Ibu"

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2014 "Pagelaran Tari Kontemporer Lagu Baru Ibu"

Tanggal : 30 April 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation dan bekerja sama dengan Seni Kampus (SEKAM) Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya, dan untuk kali ini menampilkan Pagelaran Tari kontemporer yang bertajuk “Lagu Baru Ibu” di Auditorium Universitas Muria Kudus  – Kampus Gondangmanis PO. BOX 53 Bae Kudus, hari Rabu, 30 April 2014,  Pukul 19.30 WIB.

Peran dan kedudukan wanita menjadi pembahasan di setiap zaman. Eksistensi seorang wanita merupakan segmen yang urgen dari sebuah masyarakat. Kita tidak dapat menutup mata dari peran penting yang dimainkan oleh wanita. Wanita bisa melakukan pekerjaan wanita sebagaimana mestinya dan sekaligus melakukan pekerjaan pria tanpa harus melepas kodratnya. Sosok mahluk hebat yang telah diciptakan sang pencipta dalam bentuk yang indah disertai dengan kelembutan hatinya. Emansipasi wanita dapat mengarahkan wanita ke arah yang lebih baik dari jaman-jaman belanda dulu. Dimana wanita tidak dapat bekerja dan tidak bisa mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya. Namun pada era kini, emansipasi sering disalahgunakan. Emansipasi wanita adalah memperjuangkan agar wanita bisa memilih dan menentukan nasib sendiri dan mampu membuat keputusan sendiri. Emansipasi yang dengan susah payah diperjuangkan oleh Kartini seharusnya ditindaklanjuti dengan tindakan nyata jangan hanya sebatas tataran konsep. Karena jika masih pada tataran konsep belaka maka tujuan yang diharapkan selama ini akan menjadi sia-sia. Sebuah bangsa atau masyarakat adalah komunitas yang terbentuk dari pribadi – pribadi, dan  yang membentuk karakter pribadi awal adalah keluarga. Lantas siapa yang lebih banyak berperan dalam sebuah keluarga? Tentu wanita, tatkala ia berperan menjadi  seorang ibu.
               
Dari hal tesebut maka Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) menampilkan sebuah repertoar emansipasi wanita dan peran hebatnya menjadi seorang Ibu, sekaligus memperingati hari tari sedunia dan hari Kartini dengan PAGELARAN TARI KONTEMPORER “LAGU BARU IBU” Yang akan disuguhkan oleh SEKAR JATURAMPE, Komunitas Tari CHEMISTRY dan CARANGSOCA.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK : Ahmad Safrudin
No. Hp : +62 857 1821 8632
Email : fasbuk2@gmail.com, mophet_sk@ymail.com