Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2015

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi April 2015

Tanggal : 27 April 2015

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus, Gondangmanis PO. BOX 53 Bae, Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation dan bekerjasama dengan HMJ Akuntansi Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan Budaya. Kali ini menampilkan diskusi serta pertunjukan dengan menghadirkan tema “Apresiasi Sastra Jawa” di Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO. BOX 53, Bae, Kudus, pada hari senin, 27 April 2015, Pukul 19.30 WIB.

Melihat keberadaan kekhasan bahasa daerah atau lokal yang kian memudar dikarenakan seringnya pemakaian bahasa nasional, bahasa internasional bahkan bahasa gaul membuat seorang penyair merasa tergelitik untuk mencoba membangun kembali kecintaan masyarakat terhadap bahasa daerah atau lokal. Dan melalui media tulisan/syair/tembang yang akan di sajikan dalam sebuah rangkaian penceritaan nantinya, FASBuK dengan mengusung tema Apresiasi Sastra Jawa memberikan ruang apresiasi terhadap penyair – penyair dan penggiat seni kebudayaan di masing-masing daerahnya.

Bapak Agung merupakan salah satu penggiat seni budaya karawitan yang ada di desa Japan, Colo, beliau nantinya akan membacakan geguritan karyanya yang akan diaransemen menjadi sajian menarik lewat musikalisasi. Karya itu adalah suatu upaya agar bahasa Jawa tetap bangga digunakan anak-anak muda. Ibu Ima Yulia Arfiani yang terbiasa mencipta puisi kini ia akan membacakan geguritan karyanya sehingga nanti anak didiknya dapat memahami bahwa syair Jawa juga mempunyai makna pesan moral yang indah dan perlu dipelajari secara terus oleh anak didiknya, beliau mencoba mengekplorasi ide nya mencipta sebuah gerakan-gerakan dan akting, karena bahasa jawa mempunyai beberapa kelompok seperti yang kita tahu (Ngoko Alus, Krama, Ngoko, Krama Alus). Muhamad Rochim mempunyai banyak prestasi di bidang kesuasatraan Jawa, dia merupakan salah satu mahasiswa ISI Surakarta yang gemar dengan seni karawitan dan tembang macapat Jawa.

Dari masing – masing generasi di era nya, mereka akan menyajikan suatu pertunjukan yang kreatif dalam sebuah panggung pertunjukan FASBuK. Setelah pertunjukan selesai diskusi budaya yang akan membahas tentang kesusastraan Jawa, pergerakan proses kreatif mereka dalam bidang geguritan dan macapat juga akan dipaparkan, dari hasil diskusi yang di narasumberi oleh mereka langsung diharapkan nantinya masyarakat akan lebih suka terhadap kesusastraan Jawa, melestarikan bahasa daerah melalui geguritan dan tembang macapat.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK : A r f i n  AM
No. Hp : +62 857 4199 8480
Email : fasbuk93@gmail.com