Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi Februari 2014 "SETIA (Sejuta Cerita Kita)"

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi Februari 2014 "SETIA (Sejuta Cerita Kita)"

Tanggal : 26 Februari 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation dan bekerja sama dengan Seni Kampus (SEKAM) Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya, dan untuk edisi kali ini menampilkan program apresiasi sastra  yang bertajuk “SETIA (Sejuta Cerita Kita)” di Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis, PO. BOX 53 Bae, Kudus, pada hari Rabu, 26 Februari 2014, mulai  Pukul 15.30 WIB.

SETIA (Sejuta Cerita Kita)

Keragaman dan kekayaan warna jagad raya dengan segala keindahannya, memang menumbuhkan konsekuensi keinginan para manusia tanpa mengukur sejauh mana kemampuannya untuk meraih. Hal ini akan menumbuhkan rasa gamang atau keragu-raguan terhadap dirinya sendiri. Manusia cenderung melupakan hakikat dirinya sendiri akibat godaan make up dan lipstick kehidupan serta apapun seluruh keindahan yang bersifat permukaan. Dalam aneka ragam fenomena yang disuguhkan alam, sikap dan tindakan manusia seringkali tidak dilahirkan oleh sumber kejiwaan yang orisinil.

Petani yang tetap menekuni bidangnya sampai akhir hayat dengan segala resiko yang menyertainya adalah manusia-manusia penuh cinta. Nelayan, tukang batu, Pedagang pasar yang dengan cinta menghadapi pekerjaannya adalah manusia-manusia mulia. Apapun pekerjaan yang dijalani manusia dengan kesungguhan dan berdasar cinta adalah kesetiaan menuju metamorphosa semesta.

Kesetiaan adalah perlawanan terhadap kelemahan  saat mengungkap hakikat hidup. Kesetiaan adalah usaha tanpa ragu dalam membongkar belenggu untuk membangun manusia seutuhnya. Senjata dari itu semua adalah keteguhan laku yang bersumber dari hati nurani. Dalam nasihat bijak Jawa, kesetiaan adalah perjalanan tatag, teteg, tutug (semangat, keteguhan laku, sampai pada tujuan).

Dalam konteks yang sama disini kami mencoba berbagi dan berlaku sebagai perwujudan atas kesetiaan itu dengan mengunggah sekaligus menggugah generasi muda. Ada cerita yang akan disuarakan lewat pembacaan puisi, cerpen, novel dan juga secara musikal. Yang nantinya akan dikaji dan diulas juga lebih mendalam oleh sastrawan – sastrawan senior maupun penikmat sastra lainya lewat media diskusi.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara terus menerus  untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik dan Pementasan Drama/Teater, dan lain-lain. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK : Ahmad Safrudin
No. Hp : +62 857 1821 8632
Email : fasbuk2@gmail.com