Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi Maret 2014 "PENTAS 3 LAKON SAMUEL BECKETT"

Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Edisi Maret 2014 "PENTAS 3 LAKON SAMUEL BECKETT"

Tanggal : 25 Maret 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation dan bekerja sama dengan Seni Kampus (SEKAM) Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya, dan untuk kali ini menampilkan Parade Pentas Teater yang bertajuk “Pentas 3 Lakon Samuel Beckett” di Parkir Timur Auditorium Universitas Muria Kudus  – Kampus Gondangmanis PO. BOX 53 Bae Kudus hari Selasa, 25 Maret 2014  Pukul 19.30 WIB.

“Kita selalu datang dan kita selalu pergi, kita melewati peron-peron dari banyak stasiun dan kita tidak tahu apakah kita akan kembali atau kita tak pernah tahu apakah akan kembali atau takkan pernah tahu apakah akan kembali dan mengenali yang pernah kita tinggalkan. Perjalanan akan selalu membengkokkan pelintasannya untuk menemukan jalan lagi. Lintasan hati, lintasan pikiran, lintasan hidup, dan kemudian kesepian menunggu lagi di stasiun berikutnya. Ke dalam sisi manusia selalu terkorbankan oleh kebutuhan luar manusia. Kebutuhan yang dibungkus oleh warna-warna, ideologi, idialisme, dan segala tetek bengek yang bergantungan dan menjadi lambang kehormatan semu. Akankah kita akan kehilangan peron pertama yang kita lewati dengan penuh cinta?”

Kutipan diatas merupakan ilustrasi dari repertoar parade pementasan teater yang akan tampilkan dalam panggung outdoor dengan tetap menjaga kualitas sisi artistiknya. Lakon – lakon dari penulis buku, drama dan puisi sekaligus peraih nobel sastra SAMUEL BECKETT akan disajikan oleh 3 komunitas Teater lokal (Kudus). “Come and Go (Datang dan Pergi)” akan dibawakan oleh Komunitas Teater Nol, yang seluruh anggotanya adalah perempuan, mungkin nama komplitnya adalah perempuan di titik nol. Pertunjukan berikutnya adalah “Nacht und Träume (Malam dan mimpi – mimpinya)” sebuah pertunjukan teater yang mengutamakan silent act. Mengungkap peristiwa mimpi yang selalu mengiringi perjalanan kita, yang akan dibawakan oleh Komunitas Paradoks. Kemudian pementasan yang ketiga adalah “Catastrophe (Bencana)” oleh Teater Ambigu. “Kekuasaan selalu memainkan cakarannya di mana pun ia berada. Keringat, keluh, ketakutan, penghormatan, bunga-bunga, bahkan darah dan kematian menjadi bagian dari jejak-jejak kekuasaan. Siapa yang memainkan dengan cakaran yang terlalu dalam akan meninggalkan goresan tajam beraroma tragedi.” Dan sebagai penutup dari rangkaian pertunjukan malam itu akan diadakan diskusi seputar pertunjukan dan Absurditas dalam dunia teater.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK : Ahmad Safrudin
No. Hp : +62 857 1821 8632
Email : fasbuk2@gmail.com, mophet_sk@ymail.com