Gelar Batik Nusantara 2013

Gelar Batik Nusantara 2013

Tanggal : 17 Juli 2013 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Gelar Batik Nusantara  merupakan suatu kegiatan batik tingkat nasional yang diadakan setiap 2 tahun sekali di Indonesia. Acara ini akan dihadiri oleh masyarakat pecinta batik dari berbagai bidang – seniman, desainer, mahasiswa, dosen, orang-orang di industry batik dan kerajinan tangan, serta masyarakat luas para pengguna serta penggemar batik. Gelar Batik Nusantara bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan batik Indonesia agar selalu mendapatkan perhatian para perajin, pengusaha batik dan masyarakat.

Gelar Batik Nusantara 2013 dirancang untuk menjadi ikon dalam menampilkan berbagai dimensi batik – seni dan kerajinan, teknik dan teknologi, pemasaran dan bisnis – ke seluruh Indonesia dan dunia. Acara ini akan terdiri dari tiga acara utama – Batik Exhibition International, Talkshow dan Cultural Performances. Pada intinya, kegiatan ini akan memberikan sinergi estetika tradisional dan kontemporer dalam seni batik dan kerajinan, teknologi yang mutakhir dan strategi bisnis berbasis pasar bagi dunia untuk meilhat dan berbagi.

Pemrakarsa Gelar Batik Nusantara (GBN) adalah Yayasan Batik Nusantara (YBI) sejak tahun 1996. Dimana melalui GBN, Yayasan Batik Nusantara berupaya mewujudkan visi dan misinya dalam upaya mendorong berkembangnya kemampuan para perajin/pengusaha batik termasuk pencipta/seniman, dan diharapkan GBN 2013 berperan serta menjadi salah satu bagian dari puncak peristiwa budaya Indonesia.

Gelar Batik Nusantara 2013 mengambil tema “Innoquality”, dengan tema ini diharapkan akan menampilkan inovasi-inovasi baru di bidang perbatikan Indonesia. Dalam pengertian yang lebih luas mencakup aspek design, material, teknologi hingga pemanfaatan penggunaan batik yang lebih luas, bukan hanya sebagai busana dan fashion tetapi juga fungsi batik dalam interior dan tata saji. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 – 21 Juli 2013 di Assembly Hall, Plenary Hall, Cendrawasih Room dan Main Lobby Balai Sidang Jakarta Convention Center yang direncanakan akan dibuka  oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Gelar Batik Nusantara 2013, terdiri dari beragam kegiatan seperti Batik Exhibition; yang menampilkan produsen-perajin-industri Batik dalam sebuah pameran kelas dunia.  Batik dalam Tata Saji dan Interior; Pemanfaatan batik tidak hanya dalam bentuk fashion, tetapi dalam penggunaan lainnya. Apresiasi Penghargaan; Penghargaan bagi perajin batik yang berkarya dan berprestasi. Fashion Show; rangkaian peragaan busana dari beragam desainer dalam pemanfaatan batik. Demo & Workshop Batik; beragam kegiatan dan pelatihan pembuatan batik oleh perajin. Lomba Batik Tata Saji; kegiatan lomba pemanfaatan kreativitas batik dalam tata saji, Talkshow; Diskusi/bincang-bincang seputar batik yang melibatkan pakar fashion, praktisi, pemasaran dan penggemar batik.

Acara pameran yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini secara keseluruhan berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan 21 Juli 2013, dari Pukul 10.00 s/d 22.00 WIB di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi panitia GBN 2013: Mimy Gunawan +628813 80815 489, atau melalui e-mail ybijkt@yahoo.com atau  Anda juga dapat mengunjungi website www.gbn2013ybi.com