Hajatan Pulang Babang

Hajatan Pulang Babang

Tanggal : 30 Mei 2013 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Pulang Babang adalah tradisi masyarakat Kepulauan Seribu yang berarti kesadaran untuk pulang ke kampung halaman setelah melaut untuk waktu yang lama. Kembali untuk keluarga dan masyarakat dengan keberkahan rezeki yang dibawa. Istilah Pulang Babang kemudian kami jadikan sebagai nama rangkaian kegiatan bertema "Rekonstruksi Budaya Masyarakat Pulau Panggang-Pramuka, Kepulauan Seribu”.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2011 s/d Juni 2013. Terdiri dari penelitian dan penerbitan buku; pelatihan keterampilan; dan pementasan teater. Sejak Oktober 2011 hingga Januari 2012, tim riset dari Lab Teater Ciputat dan Sanggar Apung mengadakan penelitian di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Hasil riset tersebut menghasilkan sebuah buku yang berjudul “Orang  Pulo di Pulau Karang”.

Tahap berikutnya dari kegiatan Pulang Babang adalah Pendampingan Pengembangan Wisata Budaya Kepulauan Seribu bekerjasama dengan SPKP SAMO-SAMO, Sanggar Apung (P.Panggang), Teater Pasir Putih (P. Pramuka) dan berbagai unsur lapisan masyarakat. Bentuk Kegiatan Pulang Babang tahap ini, terdiri dari; Workshop Artistik (Keaktoran, Tari, Musik, Penulisan, Kostum, Tata Rias dan Tata Artistik), Latihan Rutin Teater, Workshop Pengemasan Makanan Khas, Lokakarya Manajemen Wisata Budaya, Pertunjukan Grup Tamu (Teater El Na’ma, Sanggar Anak Bulungan, Teater Ghanta serta Pertunjukan Musik dan Tari).

Puncak dari seluruh kegiatan tersebut adalah Hajatan Pulang Babang yang rencananya akan digelar pada 30 Mei – 2 Juni 2013 di Plasa Pulau Pramuka dan Dermaga Pulau Panggang. Sebuah peristiwa hajatan yang akan diselenggarakan secara gotong royong oleh masyarakat Kelurahan Pulau Panggang, pulau pemukiman tertua di Kepulauan Seribu. Hajatan ini akan diisi oleh beragam bentuk kegiatan yang menggambarkan, sekaligus mewakili kenyataan budaya masyarakat setempat yang mayoritas hampir punah.

Agenda utamanya adalah pertunjukan teater hasil kolaborasi seniman darat dan seniman pulo yang berbasis cerita lokal dengan kemasan bentuk dan isu kekinian. Dimeriahkan oleh bazar makanan khas pulo, pameran foto dan souvenir khas pulo, ekspose ritual pulo, ekspresi seni orang pulo, permainan anak pulo, serta penganugerahan Pulang Babang Award pada tokoh masyarakat yang menjadi pilihan masyarakat setempat. 

Kegiatan yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan berlangsung di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka selama 4 hari dari tanggal 30 Mei-2 Juni 2013. Diikuti secara aktif oleh seluruh lapisan masyarakat kelurahan Pulau Panggang. Dihadiri oleh tamu undangan dari pulau pemukiman lain, unsur pemerintahan, duta besar, politisi, akademisi, seniman, budayawan, wartawan, tokoh agama dan tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang profesi dan instansi. 

Kegiatan ini, diharapkan menjadi momentum penting bagi penguatan potensi budaya masyarakat kepulauan seribu, khususnya di Kelurahan Pulau Panggang.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini silahkan menghubungi panitia :

Ade Surya Wijaya     : 0858 1316 6485
Corry                      : 0897 9627 264