Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
'Human?', Jagongan Wagen Edisi Desember 2018

'Human?', Jagongan Wagen Edisi Desember 2018

Tanggal : 14 Desember 2018

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Jagongan Wagen edisi Desember 2018, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), menghadirkan pertunjukan karya peraih Hibah Seni PSBK 2018. Peraih keempat tahun ini adalah Kiki Rahmatika dari Lampung, dengan karyanya yang berjudul “Human?”. Karya tari yang diciptakan oleh peraih hibah ini menjadi pertunjukan Jagongan Wagen penutup 2018, dengan harapan semakin memberi stimulus lebih banyak lagi gagasan seniman yang kreatif dan segar dari berbagai disiplin seni pertunjukan, pada tahun selanjutnya.

Kiki Rahmatika berasal dari Lampung, ia menyelesaikan pendidikan S2 penciptaan tari di Pascasarjana ISI Yogyakarta pada 2016. Sekarang ia aktif berkarya, memberi workshop, meneliti, dan menulis. Dua tahun belakangan ini ia aktif sebagai artistic director di Hujan Hijau Dance-Lab. Beberapa karya tarinya telah dipentaskan di Asia Tri, JISP, dan Artjog. Bersama kelompoknya, Hujan Hijau Dance-Lab, ia ingin mengangkat fenomena fitnah dan pembunuhan karakter terhadap pendidikan yang terjadi akhir-akhir ini. Padahal pendidikan memberikan banyak ruang agar kita dapat menjadi manusia dan memanusiakan manusia. Akan tetapi kaum terdidik sendiri sering melakukan pelencengan dan dengan sengaja menggunakan kemampuannya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang justru tidak meninggikan harkat kemanusiaan. 

Human? mencoba memaparkan beberapa perjalanan penelitian dari Hujan Hijau Dance-Lab tentang praktik pendidikan di beberapa bagian daerah, seperti di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Memberi ruang untuk kembali memaknai pendidikan sebagai praktik yang memanusiakan peserta didik dan pendidik, yang selama ini tidak menutup kemungkinan telah ditempeli praktik komoditi.  

Pertunjukan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan berlangsung pada jumat, 14 Desember 2018, pukul 19.30 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.
Jagongan Wagen (JW) 
Platform presentasi karya pertunjukan, difasilitasi dan diselenggarakan setiap bulan kecuali Januari dan Ramadhan. Ruang ini menyediakan dialog antar seniman dan penonton melalui pementasan.

Hibah Seni PSBK adalah fasilitasi seniman Indonesia untuk mempresentasikan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform Jagongan Wagen di PSBK, dengan dukungan kuratorial, produksi, dan dokumentasi, sebagai upaya membagi gagasannya kepada publik.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) 
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art centre, PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
Facebook: psbkjogja 
Twitter & Instagram: @psbk_jogja
Youtube: media psbk