Indonesia Mask Festival 2016

Indonesia Mask Festival 2016

Tanggal : 28 Oktober 2016 s/d
29 Oktober 2016

Lokasi : Pendopo Prangwedanan Pura Mangkunegaran, Solo

Topeng merupakan salah satu warisan dunia yang perlu dilindungi dan dijaga kelestariannya. Topeng memiliki makna filosofis dan nilai historis yang beraneka ragam. Topeng dibuat pada jamannya dengan tujuan tertentu sesuai dengan jamannya. Perkembangannya, topeng bukan hanya dibuat sebagai perwakilan identitas suatu kebudayaan, tetapi juga digunakan dalam seni pertunjukan.

International Ancient Mask Summit (IAMS) dan Indonesia International Mask Festival (IIMF) dalam satu event Indonesia Mask Festival (IMF) 2016 diselenggarakan sebagai ruang pertemuan pengrajin, seniman, pemerhati, dan pecinta topeng kuno dari Indonesia dan manca negara. Persahabatan lintas budaya antar negara bisa diwujudkan melalui pertemuan pengrajin, seniman, pemerhati, dan pecinta topeng kuno. Sikap saling menghormati dan menghargai serta semangat persatuan dalam keanekaragaman bisa tercipta. Sekitar seribu penonton setiap malam akan menyaksikan event ini. Event ini merupakan peran aktif dalam mempromosikan Solo sebagai kota budaya dan pariwisata di forum nasional dan internasional.

Topeng adalah warisan nenek moyang dan bagian dari sejarah serta kebudayaan dunia. Dewasa ini, topeng bukan hanya memiliki nilai guna, tetapi juga nilai seni. Topeng tidak hanya digunakan sebagai simbol dan ritual maupun upacara adat, tetapi berkembang menjadi perwujudan karakter-karakter tertentu dalam seni pertunjukan yang memiliki nilai estetika.

Penyelenggaraan Indonesia Mask Festival (IMF) sebagai ruang pertemuan antara seniman tari topeng berskala internasional yang akan tampil sebagai koneksi semangat kebersamaan dalam keanekaragaman budaya di Indonesia dan dunia.

Tujuan penyelenggaraan IMF adalah untuk menciptakan semangat mencintai dan selanjutnya melestarikan serta mengembangkan topeng sebagai bagian dari warisan kebudayaan intangible. Selain itu, IMF diharapkan menjadi event berskala internasional yang menggelar kekayaan topeng Indonesia pada publik domestik maupun mancanegara.

Pertunjukan tari dan pameran topeng Indonesia dan mancanegara di IMF akan menambah pemahaman publik tentang keanekaragaman topeng yang ada di dunia, pemahaman saling menghormati lewat dialog budaya. Maka dari itu, akan tercipta semangat kesatuan dalam keanekaragaman serta mampu meneguhkan Solo sebagai kota pusat budaya Jawa di forum internasional.

Tema International IMF 2016 yang akan diselenggarakan ketiga kali adalah Kajaiban Topeng Dunia. Kekuatan mewujudkan impian dalam membangun budaya bangsa diharapkan dapat menjadikan budaya bangsa yang adi luhung di mata International .

Indonesia Mask Festival 2016 yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan diselenggarakan di Pendopo Prangwedana Istana Mangkunegaran, Solo, selama dua hari pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2016.

Info lebih lanjut :

Sekretariat

Jl. Kedasih 22 Kerten Solo 57143

Tlp/Fax 0271 726178/ hp. 0812 2605 317/0857 2554 3800