Indonesia Menari

Indonesia Menari

Tanggal : 2 Februari 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Erasmus Huis Jakarta

 

Indonesian Dance Festival (IDF) dan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) bekerjasama dengan Erasmus Huis Jakarta mengadakan pra-even Seminar Internasional dengan topik “Nurturing the Youth’s Creativity through Contemporary Dance: a Collaboration among Cultures”. Seminar ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian menuju The 11th IDF: Jakarta International Performing Arts Festival 2012. Keseluruhan kegiatan IDF ini turut didukung sepenuhnya oleh Djarum Apresiasi Budaya.

Dalam acara seminar ini, Koreografer muda yang akan berbagi pengalaman diantaranya: Muhammad Ilham, S.Sn. & Yola Yulfianti, M.Sn. Ilham dan Yola akan berbicara tentang pengalaman kreatif mereka sebagai penata tari muda. Pembicara lainnya adalah: Gerard Mosterd (Belanda), Jaques van Meel, Eko Supriyanto, MFA., Dr. Sal Murgiyanto, Nungki Kusumastuti, S.Sn., M.Sos., Maria Darmaningsih, S.Sn., M.Ed., dan Melina Surya Dewi, S.Pd., M.Si. Adapun Melina Surja Dewi dan Sal Murgiyanto akan membahas perkembangan tari kontemporer di Indonesia dan Kreativitas. Moderator dalam seminar ini adalah Adi Wicaksono dan interpreter Madia Patra Ismar.

Pada tahun 2012 IDF membawa pesan besar Indonesia Menari untuk seluruh masyarakat Indonesia. Indonesia Menari sebagai ajakan bagi masyarakat untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan tarian yang kita miliki. Bukan saja tari secara harafiah, tapi mengajak masyarakat agar hatinya ikut menari dan menjadi masyarakat yang terbuka dan toleran, juga menjadi bangsa yg mengedepankan nilai-nilai yg berorientasi pada kasih sayang, kelembutan, kerendahan hati namun juga berwibawa dan disiplin.

Indonesian Dance Festival adalah tempat bertemunya koreografer, musisi, penata panggung,  kritikus tari dan lain-lain, dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan, diskusi, workshop dan masterclasses. IDF berdiri  pada tahun 1992 oleh para pengajar tari di Fakultas Seni Pertunjukan IKJ seperti Sal Murgiyanto, Nungki Kusumastuti, Maria Darmaningsih, Melina Surja Dewi, Tom Ibnur, dll.

Sebagai Festival skala dua tahunan, pelaksanaan IDF selalu didukung oleh Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta. Pada tahun 2012 ini IDF kembali akan dilaksanakan pada 1-9 Juni 2012 di Kompleks Taman Ismail Marzuki dan Institut Kesenian Jakarta dengan nama kegiatan, The 11th IDF: Jakarta International Performing Arts Festival 2012; Let’s Move: Outreaching the Possibilities.


Rangkaian Event The 11th IDF 2012
   
1. Seminar Kerjasama dengan Erasmus Huis
Sebagai pembuka rangkaian pre event penyelenggaraan IDF bekerjasama dengan Erasmus Huis mengadakan Seminar dengan topik “Nuturing the Youth’s Creativity through  Contemporary Dance: a Collaboration among Cultures” pada tanggal 2 Februari 2012, pukul 13.30 wib di Erasmus Huis Jakarta.  Keynote Speaker Seminar adalah Dr. Wagiono Sunarto (Rektor Institut Kesenian Jakarta) dan para pembicara; Hari Purwanto, AMD.,SN.,SE., Dr. Sal Murgiyanto, Eko Supriyanto M.FA., Gerard Mosterd (Belanda), Maria Darmaningsih M.Ed., Ina Surja Dewi M.Si., Nungki Kususmastuti M.Sos., Yola Yulfianti M.Sn., Muhammad Ilham Mustain Murda, dan moderator Adi WIcaksono.

2. Lomba Tari
Menjelang puncak pelaksanaan The 11th IDF 2012, akan diadakan Lomba Tari pada bulan April 2012 di ruang publik (outdoor atau indoor) dengan judul kegiatan: IDF Dance Competition 2012. Latar belakang yang mendasari penyelenggaraan lomba tari adalah agar dapat menfasilitasi kreatifitas anak muda untuk menghasilkan koreografer muda Indonesia  yang berpotensi. Memberi kesempatan untuk berdialog dan membuka cakrawala koreografer muda dalam pengkayaan ide dan wawasan serta berusaha menangkap aspirasi  mereka  untuk  menciptakan karya-karya tari inovatif  Adapun pelaksanaan IDF Dance Competition secara detil adalah, babak semi final, tanggal 22 April 2012 di ruang publik dan babak final pada tanggal 25 April 2012 di Teater Jakarta.

3. Workshop Koreografi
Workshop tari serta aspek lain yang mencakup sebuah pertunjukan tari yang difokuskan untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas para penata tari dan penari muda. Kegiatan workshop akan berlangsung selama  7 hari.

Workshop akan dilaksanakan intensif pada tanggal 23 Mei 2012 agar tidak berjarak jauh dengan pelaksanaan puncak The 11th IDF 2012. Semua peserta berkumpul dalam satu lokasi guna memudahkan terjadinya diskusi dan saling berbagi informasi selama workshop berlansung.

4.Pementasan
Pementasan yang diselenggarakan pada puncak  The 11th IDF 2012  terdiri dari dua (2) bagian yaitu Pementasan Utama dan  Seeds of Wonder.

a. Pementasan Utama
Diselenggarakan selama sembilan (9) malam, menampilkan karya-karya penata tari dan kelompok tari dari dalam dan luar negeri yang sudah mantap prestasinya dan dipilih oleh Artistic Board. Koreografer yang akan tampil adalah dari Negara, Jepang, Korea, Jerman, Aljazair, Taiwan, Finlandia, Inggris, Perancis, Tunisia, Belgia, Kamboja dan Indonesia.

b. Seeds of Wonder
Menyajikan karya penata tari pendatang baru terpilih yang masih giat mencari identitas diri. Seleksi dilakukan oleh  Artistic Board. Pertunjukan diselenggarakan pada sore hari  pukul 16.00 - 18.00 wib. Peserta yang terpilih terdiri dari Negara asal Jerman, Australia, Singapura dan Indonesia.

5. Seminar  “Dance & Visual arts”
Seminar di puncak pelaksanaan Indonesian Dance Festival  diselenggarakan untuk membahas berbagai topik yang berkaitan dengan tari, diadakan pada pukul 10.00 – 15.00 wib.

Pada pelaksanaan The 11th IDF 2012  topik yang akan dibahas adalah “Dance & Visual Arts” sesuai dengan perkembangan seni pertunjukan tari yang berkembang dalam pencapaian aspek mendukung konsep. Karya tari Hartati dan Fitri S akan menjadi bahasan karena dua koreografer ini telah berpengalaman melakukan kerja kolaborasi dengan skenografi termuka di Indonesia dan luar negeri.

Selain para koreografer dan pengamat  yang datang ke festival, nara sumber yang akan berpartisipasi dalam seminar ini juga akan melibatkan pengiat seni dari seni rupa dll.

6. Master Classes
Pelatihan singkat  tehnik tari atau gaya tari yang diberikan oleh penata tari yang tampil dalam pertunjukan utama The 11th IDF 2012 ataupun koreografer yang datang khusus untuk meninjau dan mengamati pertunjukkan. Master Classes ini dapat diikuti oleh semua  penari pemula dan senior dalam durasi 2 jam dari tiap-tiap nara sumber.