Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Jagongan Mirunggan #5

Jagongan Mirunggan #5

Tanggal : 24 Agustus 2019

Lokasi : Sanggar Wirobudhoyo Desa Wiromartan, Dk. Gunawan RT 02/ Rw 02 Desa Wiromartan Kec Mirit Kab Kebumen

Jagongan Mirunggan edisi ke-5 menjadi edisi yang special karena bertepatan dengan ulang tahun Sanggar Wiro Budhoyo yang ke-3. Pertunjukan dimulai dengan pentas campursari untuk menghangatkan suasana serta diselingi prakata dari panitia maupun sesepuh desa. Setelah itu, dilanjutkan dengan pementasan kethoprak dari sanggar wirobudhoyo yang mengambil lakon “Said Tundhung”. 

Said Tundhung menceritakan tentang perjuangan Raden Said (nama asli dari Sunan Kalijaga) pada masa mudanya dalam membela rakyat kecil yang tertindas, sebelum beliau bertemu dengan sunan bonang yang membaiat dirinya menjadi sunan kalijaga. Perjuangan Raden Said bermula ketika beliau, yang kebetulan putra dari seorang pembesar di kerajaan Majapahit yaitu Adipati Tuban yang bernama Ki Tumenggung Wilatikta, mengetahui keadaan rakyatnya yang menderita akibat kekurangan pangan, sementara  hasil bumi menumpuk di gudang upeti yang akan disetorkan ke kerajaan. Karena tidak tega, Raden Said terpaksa mencuri bahan pangan dari gudang upeti kemudian dibagi bagikan kepada rakyat yang kelaparan. Aksi raden Said tersebut akhirnya tercium oleh para punggawa kerajaan. Sebagai akibatnya, beliau diusir (ditundung) oleh ayahnya sendiri. 

Inti pesan dari lakon ini adalah mengajak penonton untuk meneladani keberanian Raden Said dalam membela / menolong rakyat kecil yang menderita meskipun harus menerima resiko yang sangat besar, yaitu kehilangan status sosialnya sebagai anak seorang adipati. Dari cerita ini kita bisa belajar tentang patriotisme, yaitu sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsanya.

Kegiatan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini berlangsung pada sabtu, 24 Agustus 2019, pukul 20.00 WIB, bertempat di Sanggar Wirobudhoyo Desa Wiromartan, Dk. Gunawan RT 02/ Rw 02 Desa Wiromartan Kec Mirit Kab Kebumen.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia : 0899 5003 096