Jaka Umbaran dalam Perang Dalang Dua Generasi Wayang Klithik

Jaka Umbaran dalam Perang Dalang Dua Generasi Wayang Klithik

Tanggal : 23 Agustus 2017

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondang Manis, PO Box 53, Kudus

Dalam rangka mendekatkan serta lebih mengenalkan warisan budaya Wayang Klithik yang menjadi salah satu ikon daerah di Kabupaten Kudus, Panggung Teater Kudus didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar pagelaran wayang Klithik di Auditorium Universitas Muria Kudus, Rabu, 23 Agustus 2017. Pagelaran ini akan dimulai pada pukul 19.30 WIB, menghadirkan Dalang Wayang Klithik Ki Sutikno, berkolaborasi dengan A. Tino Mulyadi, generasi penerusnya.

Pada pagelaran ini Ki Sutikno menangkat lakon Jaka Umbaran yang merupakan lakon unggulan bagi penggemar wayang klithik di daerah Wonoso dan sekitarnya. Pertunjukan kolaborasi dua dalang yang mengambil tajuk Jaka Umbaran dalam “perang dalang” ini sendiri akan  berlangsung selama kurang lebih 90 menit dan akan dilanjutkan dengan diskusi seputar wayang klithik dan prospek perkembangannya.

Sebagai satu-satunya dalang wayang klithik saat ini, Ki Sutikno merupakan generasi ke-delapan yang masih bertahan menjaga serta mengembangkan warisan tradisi dari leluhurnya yang berupa wayang klithik Wonosoco. Usaha Ki Sutikno selama ini dalam mengembangkan warisan budaya wayang klithik lumayan berhasil, karena ia mampu mengangkat Wayang Klithik yang semula hanya berada di tingkat lokal kini mulai mengisi panggung panggung yang berskala nasional. Dalam menjaga kelestarian Wayang Klithik Ki Sutikno saat ini melakukan pembinaan seni Wayang Klithik terhadap generasi muda di sekitarnya.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :
Saliem Sabendino : 0857-4066-6680
Email: panggung.teaterkudus@gmail.com