"Janggleng", Jagongan Wagen Edisi November 2016

"Janggleng", Jagongan Wagen Edisi November 2016

Tanggal : 26 November 2016

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Pada November 2016, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) memberikan kesempatan kepada seniman tari, Paranditya Wintarni, untuk mempresentasikan karyanya untuk kali pertama (premiere) di Jagongan Wagen Edisi November 2016.

Kali ini, Paranditya Wintarni menerima tantangan dari PSBK untuk menggarap sebuah karya dan berkolaborasi dengan seniman-seniman lain dalam ruang Jagongan Wagen. Melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi November 2016 “Janggleng”.

Janggleng

Geng Katresnane Wanita Suci tumuwuh. Mangku mangasuh jejeging jalu amek dalu. Njagragi jangglenging jalwestri. Nadyan rajag rubeda ngreribedi. Datan owah, tan gingsir, manggengi wiji setaji.

Lestari

Janggleng berangkat dari gagasan mengenai keberadaan cinta dalam dunia modern yang bergerak begitu cepat dan begitu rapat. Cinta yang seringkali membutuhkan waktu, energi dan kesabaran untuk merawatnya. Seperti cinta seorang ibu, kekasih, atau yang bersifat ilahiah. Cinta yang melindungi dan menumbuhkan di tengah kehidupan yang semakin mengasingkan manusia dari dirinya sendiri. Cinta yang melihat dan mempercayai potensi, sesuatu yang masih disembunyikan oleh waktu.

Seringkali pula cinta yang mengasuh potensi dan mempercayai segala hal yang baik dalam diri manusia ini bertentangan dengan laku atau aturan kebanyakan. Ia bergerak lincah dan selalu mencari peluang untuk masuk dalam bagian paling inti dari manusia. Bagian yang paling sering terabaikan dan terlupakan. Ia percaya bahwa manusia pada dasarnya adalah baik dan mampu mengatasi kebencian. Kebencian yang adalah absennya cinta dalam hidup manusia, yang membiak dan menular dengan cepat di tengah dunia yang semakin sedikit menyisakan ruang bagi kemanusiaan.

Dengan demikian karya ini adalah harapan serta doa, agar cinta yang sabar dan percaya tersebut bisa meluas dan melingkupi dunia ini. Seperti yang sudah seharusnya. Seperti sewajarnya.

Dalam Jagongan Wagen Edisi Juli yang berjudul “Janggleng” ini, Paranditya Wintarni mengajak sejumlah seniman untuk mewujudkan gagasannya dalam Jagongan Wagen Edisi November 2016, yaitu:

  1.    Anang Wahyu Nugroho (Seniman Tari)
  2.    Hermawan Sinung Nugroho (Seniman Tari)
  3.    Ninin Tri Wahyuningsih (Seniman Tari)
  4.    Nurul Dwi Utami (Seniman Tari)
  5.    Putra Jalu Pamungkas (Seniman Tari)
  6.    Putri Isnaeni Kurniawati (Seniman Tari)
  7.    Budi Pramono (Seniman Musik)
  8.    Indartari Kussnowari (Seniman Tari)

Jagongan Wagen Edisi November 2016 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2016, pukul 19.30 WIB, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)

Jagongan Wagen (JW), adalah ruang masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama berpartisipasi  dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, melalui praktik pertunjukan di PSBK. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, Jagongan Wagen secara nyata mengedepankan bentuk dan isi dari kekuatan kesenian, melalui penciptaan dan pementasan pertunjukan seni. Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan dan difasilitasi oleh PSBK, merupakan proses bagi seniman-seniman untuk secara kolaboratif belajar menciptakan dan menyajikan kekuatan artisitik berkesenian, baik yang bersifat individual maupun kolektif.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

PSBK, yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978, sejak awal berdirinya  memberikan serta menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang berwujud keindahan hidup manusia dan masyarakat maupun karya itu sendiri. PSBK, bersama dengan seniman dan masyarakat luas serta melalui proses belajar seninya, berusaha menciptakan kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah. Dengan demikian PSBK mengembangkan dan memperluas visi Alm. Bagong Kussudiardja mengenai peran kehidupan seni dalam memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja     Twitter: @PSBK_Jogja