"Keris". Menyelami Kearifan Masa Lalu

"Keris". Menyelami Kearifan Masa Lalu

Tanggal : 29 Agustus 2015

Lokasi : Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO.BOX 53 Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation dan bekerjasama dengan HIMA PRO SI milik Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan Budaya. Kali ini menampilkan diskusi budaya menyelami kearifan masa lalu “KERIS” di Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO.BOX 53 Kudus,  Pada Hari Sabtu, 29 Agustus 2015, Pukul 19.30 WIB.

Menyelami kearifan masa lalu keris merupakan tema diskusi kali ini dengan dua narasumber yang memang paham di bidangnya yakni tentang tosan aji dan keris. Didik NRA merupakan salah satu tokoh pendiri FASBuK, beliau juga seorang penulis dan pangarsa PAKERTIKU (Paguyuban Penggemar Keris & Tosan Aji), sedangkan Marwan Ardiansyah pernah bergabung di Institut Seni Indonesia jurusan kriya logam khususnya keris. Diskusi nantinya akan membahas tentang nilai-nilai kearifan tosan aji keris, mulai dari filosofi sejarah romantisme di masa silam. Tosan aji merupakan khasanah kekayaan nusantara yang perlu di pedulikan keberadaanya, menempatkan nilai-nilai yang terkadung di bentuknya bukan dari segi mistisnya. Diskusi kali ini memberikan pemahaman tentang keris yang seringkali di salah artikan oleh kebanyakan masyarakat, dengan pemahaman yang benar tentang keris nantinya diharapkan masyarakat tidak salah dalam memaknai keberadaan keris, sehingga mampu mempertahankan keris sebagai kekayaan kebudayaan asli Indonesia sebelum diakui oleh bangsa lain. Selain diskusi, akan hadir pula sajian musik-musik instrument serta pembacaan puisi karya kedua narasumber.

Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK : A r f i n  AM
No. Hp : +62 857 4199 8480
Email : fasbuk93@gmail.com