Keroncong Ibukotaku Warisan Nusantara Tahun 2012

Keroncong Ibukotaku Warisan Nusantara Tahun 2012

Tanggal : 16 Juni 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Gedung Kesenian Jakarta

Dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta, yang dirayakan oleh Gedung Kesenian Jakarta dalam agenda tahunannya “Jakarta Anniversary Festival”, Yayasan Retno Dumilah bersama dengan Santos Productions, didukung oleh Djarum Apresiasi Budaya mempersembahkan suguhan konser musik keroncong dengan konsep unik dan kreatif bertajuk “Keroncong Ibukotaku Warisan Nusantara” di Gedung Kesenian Jakarta, pada 16 Juni 2012 pada pukul 20.00 – selesai.

Konser ini menceritakan kisah awal mula lahirnya kota Jakarta melalui lagu, narasi, serta visual multimedia yang modern. Musik keroncong sudah ada sejak jaman sebelum datangnya bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara. Keroncong hadir sejak Jakarta masih bernama Sunda Kelapa di abad 13-15, kemudian diberi nama Jayakarta oleh Fatahillah pada 1527, lalu berganti menjadi Batavia pada 1617 atas gagasan Gubernur Jendral VOC, Jan Pieter Zoon Coen hingga datang masa proklamasi kemerdekaan, dan muncul nama Jakarta hingga kini.

Menghadirkan kolaborasi 2 band lintas genre dan generasi: Keroncong Tugu dan Bondan Prakoso & Fade 2 Black, bersama dengan beberapa artis lainnya seperti Koes Hendratmo, Ajul Jiung, Zee Zee Shahab, Max Valerio, Prasanti Andrini, Dimas Beck, Armonia Choir. Atas dasar kecintaan mereka pada musik keroncong, mereka memberikan kontribusinya untuk mengangkat kembali citra pada musik Keroncong yang merupakan musik asli Indonesia dan berkembang di Jakarta sejak era Sunda Kelapa hingga Abad 21.

Konser ini merupakan salah satu persembahan terbaik para artis tersebut untuk Jakarta tercinta di hari ulang tahunnya. Di sepanjang kariernya, Keroncong Tugu dan Bondan Prakoso & Fade 2 Black  berupaya menyajikan musikalitas yang apik dan unik, dengan harapan mampu meningkatkan kualitas dan melestarikan musik Keroncong bagi para musisi muda saat ini. Anda akan dibuat terkesima disaat  Bondan Prakoso & Fade 2 Black mengaransemen ulang salah satu hits  mereka “ Ya Sudahlah ”  dalam versi  Keroncong yang akan diiringi oleh Keroncong Tugu.