Kethoprak Ringkes Tjap Tjonthong : Satriya Kinunjara

Kethoprak Ringkes Tjap Tjonthong : Satriya Kinunjara

Tanggal : 22 April 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

 

“Satriya Kinunjara” akan dipentaskan pada tanggal 22 dan 23 April 2012, dimulai pukul : 19.30 WIB, bertempat di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.  Pertunjukan ini merupakan karya dari Drs. Susilo Nugroho, Sutradara: Marwoto Kawer dan Den Baguse Ngarso. Penata Iringan: Warsana Kliwir, S.Sn,.M.Sn, Penata Artistik : Nano Asmorodono. Pimpinan Produksi : Nicky Nazaready,.S.Pd.

Lakon ini menceritakan tentang Mas Rara Telatsih yang mendapat hukuman penjara karena dituduh telah membunuh Raden Ayu Perjiwati selingkuhan Walika, suaminya. Berbagai upaya telah ia upayakan bersama pembelanya, Raden Mas Darmakari, tetapi gagal. Pada saat menjalani hukuman muncul persoalan baru. Walika menuntut cerai. Sebagai suami ia merasa tidak mendapat pelayanan yang baik dari isterinya. Mas Rara Telatsih dan Raden Mas Darmakari mengalami kegagalan kedua. Tuntutan Walika dikabulkan pengadilan.

Setelah selesai menjalani hukuman, Mas Rara Telatsih dihinggapi rasa ketakutan, karena diteror keluarga Raden Ayu Perjiwati. Kemudian Ia  mengambil jalan pintas, meninggalkan daerahnya, mencari kehidupan baru di lain daerah. Di daerah baru tersebut Mas Rara Telatsih ketemu Raden Ayu Perjiwati yang ternyata sudah hidup berumah tangga bersama Walika. Dan terjadilah pertengkaran hebat antara Mas Rara Telatsih dan Raden Ayu Perjiwati. Dalam pertengkaran itu Raden Ayu Perjiwati mati. Mas Rara Telatsih pun segera ditangkap dan ditahan.

Pemain yang mendukung pertunjukan ini antara lain ; Rini Widyastuti, Susilo Nugroho, Marwoto Kawer, Hargi Sundari, Bagong Trisgunanto, Mijanta, Sudiharjo, Novi Kalur, Rio Pujangkoro, Yuningsih, Sarjono, Konsepsiarno, dan masih banyak lagi.

Untuk pembelian tiket bisa langsung ke Ticket Box di lokasi pertunjukan.