Ketoprak Ringkes Tahun 2012

Ketoprak Ringkes Tahun 2012

Tanggal : 20 Agustus 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Gedung Societet, Taman Budaya Yogyakarta (TBY)

PENTAS Ketoprak Ringkes Tjap Tjonthong Djogdjakarta dengan cerita 'Tresnaku Patimu' akan digelar di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Senin-Rabu (20-22/8) malam mulai pukul 19.30 WIB. Naskah karya Susilo 'Den Baguse Ngarso' yang juga jadi sutradara bersama Marwoto Kawer. Ketoprak Ringkes gelaran bernuansa humor tersebut selama ini mendapat respons positif dari masyarakat.

Pentas ketoprak ini diselenggarakan Komunitas Conthong Yogyakarta disponsori oleh Bakti Budaya Djarum Foundation didukung TBY, SKH Kedaulatan Rakyat, KR Radio, Radio MBS FM, Radio Istakalisa, Radio Tisaga  dan Radio Konco Tani AM, untuk hiburan mudik Lebaran. Para pemain merupakan gabungan seniman ketoprak dan pelawak Yogya, Marwoto Kawer, Susilo 'Den Baguse Ngarso', Sudi 'Sronto', Sarjono, Bagong Tris Gunanto, Rio Pudjangkoro, Novi Kalur, Ahmad Hasfi, Wira Adritama, Nano Asmorodono, Bayu Saptama, Hargi Sundari, Rini Widyastuti, dan penata musik digarap oleh Warsono Kliwir S.Sn.,MSn.

Marwoto 'Kawer' senang karena pentas Ketoprak Ringkes bisa jadi hiburan mudik Lebaran yang bakal digelar di TBY sudah berlangsung ketiga kalinya. Wajar, banyak pemudik di Yogyakarta yang tertarik menonton kesenian ketoprak. Apalagi kesenian ketoprak beberapa tahun terakhir ini nyaris ditayangkan stasiun TV swasta nasional. "Karena itu, pentas Ketoprak Ringkes spesial hiburan Lebaran ditunggu masyarakat baik warga Yogya maupun pemudik," kata Marwoto, sambil menambahkan kemasan ketoprak melemparkan humor segar, cerdas dan aktual.