Konser 50 Years Of Blessing,Perjalanan Avip Priatna dalam Mengembangkan Paduan Suara dan Orkestra Indonesia

Konser 50 Years Of Blessing,Perjalanan Avip Priatna dalam Mengembangkan Paduan Suara dan Orkestra Indonesia

Tanggal : 24 Januari 2015

Lokasi : Balai Resital Kertanegara, Jl. Kertanegara No. 28

Avip Priatna, merupakan sosok yang sejak 1995 terus berkontribusi membawa nama harum Indonesia dengan memenangkan beragam kompetisi paduan suara internasional yang prestisius. Dalam rangka mewujudkan rasa syukur atas perjalanan hidupnya yang penuh berkat, Direktur Musik The Resonanz Music Studio serta konduktor Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-50 ini, menyelenggarakan rangkaian kegiatan 50 Years of Blessing bersama The Resonanz Music Studio dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Avip memiliki misi membawa musik simfoni-baik simfoni orkestra maupun simfoni vokal-lebih dekat kepada masyarakat. Beliau telah membuahkan banyak prestasi yang membanggakan dalam banyak bentuk, bukan hanya bagi dirinya dan kelompok musik yang dipimpinnya, tetapi juga bagi sesama pekerja seni dan bagi bangsa Indonesia.  

Rangkaian acara 50 Years of Blessing yang telah berlangsung sejak Desember 2014 ini akan mencapai puncaknya dalam Gala Konser yang diselenggarakan pada tanggal 24 Januari 2015 mendatang. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh The Resonanz Music Studio, sebuah lembaga pendidikan musik dan hiburan berkualitas, ini terdiri atas Kompetisi Komposisi Musik, Kompetisi Dirigen Paduan Suara, Pesta Paduan Suara, dan Gala Konser yang juga akan menampilkan karya pemenang Kompetisi Komposisi dan Kompetisi Konduktor Paduan Suara.  

Acara ini tidak hanya menjadi cerminan perjalanan Avip Priatna yang sudah terbukti berprestasi. Kegiatan yang dilakukan untuk berbagi dalam rangka ulang tahun ini adalah juga untuk memperkenalkan dan mengajak para komposer dan konduktor muda Indonesia untuk ikut serta menunjukkan minat dan talentanya, dan kemudian mencetak prestasi.

Para komposer muda diberi kesempatan untuk menggali kebolehan mereka menulis komposisi baru, yang hasilnya akan memperkaya khazanah musik klasik Indonesia. Dalam Kompetisi Komposisi yang telah dilakukan Desember 2014 lalu, kategori dibagi ke dalam 4 bagian yaitu lagu bertemakan syukur, sketch singing (lagu tanpa lirik), aransemen lagu tradisional Indonesia (kecuali Jawa & Bali), dan orchestra piece berdasarkan puisi 'Sia - Sia' karya Toeti Heraty Rooseno.

Selain itu, para konduktor muda diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka menganalisa karya musik dan kebolehan mereka menyampaikan pesan musik itu kepada penonton.  Kompetisi Dirigen Paduan Suara diselenggarakan pada tanggal 10 dan 11 Januari 2015, masing-masing untuk babak semi final dan final.  Dari 8 peserta yang terpilih sebagai semifinalis, 3 pemenang berhasil memenangi Kompetisi Konduktor.

Pada Pesta Paduan Suara yang dilakukan pada tanggal 16-18 Januari 2015, beberapa paduan suara berprestasi akan tampil yaitu Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan, The Resonanz Children Choir, Shantell Vocal Ensemble, Paduan Suara Universitas Tarumanagara, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha & Perbanas, serta Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara.  Seluruh paduan suara yang tampil ini memiliki alur yang berujung pada Avip Priatna: pernah dilatih oleh beliau, maupun konduktornya belajar langsung kepada maestro yang memperoleh gelar masternya dari University of Music and Performing Arts di Wina, Austria.  

Seluruh pemenang masing-masing kompetisi akan tampil dan ditampilkan karyanya dalam Gala Konser yang diselenggarakan pada tanggal 24 Januari 2014 pukul 19.00 WIB di Balai Resital Kertanegara, Jl. Kertanegara No. 28, sebuah bangunan di wilayah strategis Jakarta Selatan yang didirikan khusus untuk pertunjukan musik dengan kapasitas penonton hingga 300 orang.  Acara tersebut akan dimeriahkan pula oleh Aning Katamsi, Iswargia R. Sudarno, Farman Purnama, dan Oerip Santoso, para tokoh yang sangat spesial dalam perjalanan hidup Avip Priatna.


Sekilas Tentang Avip Priatna

Avip Priatna menyelesaikan studinya di Teknik Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dan melanjutkan pendidikannya di University of Music and Performing Arts di Wina, Austria, dengan bantuan dari Pemerintah Austria serta beasiswa dari Rotary Club. Konduktor kelahiran Bogor ini belajar choir conducting dari Prof. Gunther Theuring serta orchestral conducting dari dirigen terkenal, Leopold Hager, dan menyelesaikan Magister Artium dengan beasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 1998.

Prestasi yang telah diraihnya adalah Premio a la Mejor Dirección “José Hódar Talavera”, yaitu gelar Konduktor Terbaik dalam kompetisi paduan suara internasional 57 Certamen Internacional de Habaneras y Polifonia yang diselenggarakan di Torrevieja, Spanyol, Juli 2011. Selain penghargaan sebagai konduktor terbaik, di ajang kompetisi yang sama, Avip bersama Batavia Madrigal Singers berhasil meraih empat penghargaan lain. Lima penghargaan sekaligus adalah prestasi terbaik sejauh ini yang pernah dicapai oleh suatu paduan suara di kompetisi yang telah diselenggarakan sejak 1955 tersebut.  

Gelar sebagai Konduktor Terbaik kembali diperolehnya pada 34th International May Choir Competition “Prof. Georgi Dimitrov” yang diselenggarakan di Varna, Bulgaria, Mei 2012. Di ajang yang juga merupakan salah satu kompetisi dalam seri European Grand Prix for Choral Singing ini, Avip juga berhasil membawa Batavia Madrigal Singers (BMS) sebagai Juara Umum, setelah menjadi juara pertama dalam kategori Mixed Choir (Paduan Suara Campuran) serta nilai tertinggi dalam kategori Chamber Choir (Koor Kecil). 2013, Arezzo ,Itali, BMS berhasil menjadi finalis di European Grand Prix for Choral Singing 2013.

Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: 021 749 1968 atau 0821 2008 1200
Website : www.theresonanz.com dan www.avippriatna.com