KretaKencana Musik Dunia : Festival, Workshop, Pameran Industri Kreatif

KretaKencana Musik Dunia : Festival, Workshop, Pameran Industri Kreatif

Tanggal : 4 Juli 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Pabrik Gula Colomadu Karanganyar, Surakarta

Komitmen Djarum Apresiasi Budaya untuk memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta masyarakat pada kebudayaan Indonesia kembali diwujudkan dengan mendukung komunitas independen bernama World Music Community untuk menyelenggarakan sebuah festival budaya “KretaKencana Musik Dunia” (KretaKencana World Music Festival) pada tanggal 4 – 8 Juli 2012 di Pabrik Gula Colomadu Karanganyar, Surakarta.

Festival “KretaKencana Musik Dunia” diselenggarakan oleh sebuah komunitas independen bernama World Music Community yang diinisiasi oleh berbagai macam lapisan masyarakat seperti mahasiswa, seniman, budayawan, pengusaha, dan bermacam-macam lapisan masyarakat lainnya. Karena tren baru perkembangan festival musik kultural yang banyak mengambil tempat penyelenggaraan di bekas lokasi industri kolonial, maka festival musik ini mengambil venue di Pabrik Gula Colomadu Karanganyar, Surakarta. Pabrik gula seluas 12,4 H ini merupakan peninggalan jaman kolonial yang dulunya digunakan sebagai tempat penggilingan tebu dibangun tahun 1861 oleh Mangkunegaran, tepat 10 tahun setelah Pura Mangkunegaran berdiri.

Banyak seniman dan budayawan internasional yang ikut meramaikan festival kebudayaan ini seperti Jamal Mohamed (Drum n Wind) dari USA, DR Avijit Ghosh (India), Rhythm De Pasion (Singapura) serta beberapa nama dari Indonesia seperti Ully Sigar Rusady (Jakarta), Ayu Laksmi – Svara Semesta (Bali), Sa’unine String Orchestra (Jogjakarta), Etnoensemble (Solo), Hudoq (Kalimantan Timur), Golden Water (Solo), Balawan (Bali), Ensemble I La Galigo (Makassar), Dedek Gamelan Orchestra (Solo), Karawitan 212 (STSI Bandung), Bahana Etnik (Padang Panjang), PSM Voca Erudita (solo), dan Angklung Paglak (Banyuwangi).

Festival “KretaKencana Musik Dunia” adalah festival internasional yang digelar sebagai "kendaraan" yang mampu menggerakkan dan mengembangkan karir dan kreatifitas kekinian pelaku musik etnik yang terjadi melalui interaksi diatas panggung maupun diluar panggung. Festival ini diharapkan dapat memicu terciptanya karya-karya musik etnik kontemporer yang fenomenal dan dikembangkan berdasarkan eksplorasi potensi budaya nusantara atau dunia. Melibatkan dan memberi peluang yang luas kepada para pelaku yang terpendam di seluruh pelosok tanah air, serta sinkron dengan semarak globalisasi ekonomi kreatif dewasa ini.