Kulfest "Festival Kampoeng Nusantara" 2017

Kulfest "Festival Kampoeng Nusantara" 2017

Tanggal : 24 November 2017 s/d
26 November 2017

Lokasi : Bendung Khayangan, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Sebuah festival bertaraf internasional akan kembali digelar di Kota Yogyakarta tepatnya di “Bendung Khayangan” Dukuh Turusan, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo. Festival kali ini diberi nama KULFEST (Kulonprogo Festival) dengan tema “Festival Kampoeng Nusantara” Didik Nini Thowok 2017. Acara ini merupakan kelanjutan dari Festival Kampoeng Nusantara Didik Nini Thowok yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2017 di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY.

Acara KULFEST ini diselenggarakan oleh PT DNT (Damar Nusantara Tama) Yogyakarta bekerjasama dengan dr. H Hasto Wardoyo, Sp.OK (K) selaku Bupati Kulon Progo beserta jajarannya, juga didukung oleh Pemerintah terkait dalam hal ini Kementerian Pariwisata, Dinas Kebudayaan DIY dan Kulon progo serta masyarakat Dukuh Turusan Desa Pendoworejo Kec Girimulyo.

Festival ini akan dimeriahkan oleh seniman tari dari berbagai Negara seperti Australia, India, Tiongkok, Jepang, Thailand, sedangkan dari Indonesia akan diwakili oleh kesenian dari Yogyakarta, Banyumas, Cirebon, Bandung, Malang, Banyuwangi, Palembang, Sulawesi, Bali dan Maluku-Tidore.

KULFEST juga akan menampilkan artis ibukota yang digemari kawula muda seperti Tri Utami, Dewa Budjana, Payung Teduh, Andien, Sheila On 7, Djaduk Ferianto, Endank Soekamti, Mondo Gascaro, Mata Jiwa, Gugun Blues Shelter, MR.Sonjaya, DJ Hogi, Jogya Hip Hop Foundation, DJ Heru, dengan tujuan menarik perhatian generasi milenial untuk lebih mengenal dan mempelajari budaya tradisi lokal (kulon progo) serta memahami kearifan lokal.

Selain pertunjukan tari juga akan ada workshop, kuliner oleh chef terkenal (Chef Adzan dan Chef Galih), lomba fotografi, lomba film pendek. Rencananya KULFEST – Festival Kampoeng Nusantara DNT 2017 akan menjadi salah satu kalender tahunan yang bertujuan meningkatkan potensi wisata dan budaya daerah khususnya Kulon Progo. Hal ini sudah disampaikan oleh Bapak Arief Yahya Menteri Pariwisata dalam pidatonya pada waktu launching acara KULFEST – Festival Kampoeng Nusantara DNT 2017 di kantor Kemenpar Jakarta pada tanggal 25 Agustus 2017 yang lalu.

Acara ini terselenggara atas dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat setempat, team produksi, partisipan, seniman pengisi acara, pemerintah, Bakti Budaya Djarum Foundation dan para sponsor lainnya.

Info lebih lanjut silahkan menghubungi panitia : 0878 8855 2690