Let's Move: Outreaching the Possibilities Jadikan Indonesia Menari

Let's Move: Outreaching the Possibilities Jadikan Indonesia Menari

Tanggal : 1 Juni 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Taman Ismail Marzuki, Jakarta

Indonesian Dance Festival atau IDF merupakan satu-satunya festival tari kontemporer di Indonesia yang secara rutin digelar setiap dua tahun sekali. Tahun ini adalah penyelenggaraan IDF yang ke 11, sejak berdirinya pada tahun 1992.  Seluruh rangkaian acara IDF 2012 meliputi Lomba Tari, Master Class, Workshop Koreografi, Dance & Film, Street Performance, serangkaian Seminar, Pemberian Award, hingga puncak acara berupa pementasan karya-karya tari dari berbagai Negara pada tanggal 1- 9 Juni 2012. Seluruh rangkaian acara tersebut didukung sepenuhnya oleh Djarum Apresiasi Budaya.

Menuju puncak acara IDF 2012, serangkaian acara telah dilaksanakan seperti Seminar Tari Kontemporer yang digelar di Erasmus Huis padaFebruari 2012, kemudian dilanjutkan dengan IDF Dance Competition yang berhasil diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai kalangan dan daerah di Indonesia pada April yang lalu. Para koreografer muda yang memenangkan kompetisi tersebut kemudian akan tampil di Teater Luwes pada tanggal 2 Juni 2012 dalam program Seeds of Wonder (koreografer pemula berbakat).

Puncak acara The 11th Indonesian Dance Festival akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2012 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, dengan penampilan dari sejumlah penari dari Yogyakarta dan Solo serta Gerarg Mosterd (Belanda), dan Pura Mangkunegaran Surakarta. Sepanjang rangkaiannya hingga tanggal 9 Juni, IDF juga diisi dengan sejumlah seminar, masterclasses, dance & film, serta pertunjukan yang digelar di beberapa titik di Jakarta, seperti Taman Ismail Marzuki, Gedung Kesenian Jakarta, Teater Luwes IKJ, Art Cinema FFTV IKJ, Studio C FSP IKJ, Teater Kecil, serta Graha Bakti Budaya, TIM.

Tahun ini, IDF menghadirkan sejumlah koreografer dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Jambi, Bangka Belitung, dan Papua. Selain itu, hadir pula koreografer internasional antara lain: Zan Yamashita (Jepang), Hafiz Dhaou (Tunisia-Perancis), Raphael Hillebrand&Sébastien Ramirez (Jerman – Perancis – Vietnam), NaceraBelaza (Algeria – France), dan sederetan seniman internasional dari Belgia, Kamboja, Taiwan, dan Finlandia.

Melalui program-programnya: Pementasan (Main Performance & Seeds of Wonder), Workshop Koreografi, Master Classes, Seminar dan Dance Film, dalam setiap pelaksanaannya, IDF menghadirkan 3 generasi – senior, mapan dan yang baru tumbuh, menyediakan ruang ekspresi bagi para koreografer dari berbagai jenjang, mulai dari pendatang baru, koreografer muda, maupun koreografer senior dengan sasaran utama kaderisasi, memupuk kreativitas dan membangun kehidupan tari Indonesia yang dinamis dengan fokus tari kontemporer.

Info pembelian tiket :
Gedung Kesenian Jakarta : 021 380 8283 / 344 1890
Taman Ismail Marzuki : 021 319 37357 / 319 22606 / 319 34740
Teater Luwes : 0813 8611 7013 / 0817 655 0050