Lomba Pacuan Kuda Tradisional 2014

Lomba Pacuan Kuda Tradisional 2014

Tanggal : 21 Mei 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Desa Penyaring, Moyo Utara, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat

Pacuan kuda merupakan kebudayaan turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Sumbawa. Selain sebagai tradisi di daerah, pacuan kuda juga dijadikan sebagai salah satu olah raga yang sangat digemari masyarakat pulau Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya.

Pacuan Kuda merupakan salah satu dari sekian banyak agenda pariwisata andalan Sumbawa. Sangat diminati penduduk lokal, juga wisatawan dalam dan luar negeri. Pacuan kuda ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Bagi mereka menjadi joki adalah sebuah kebanggaan diri, gagah sekaligus mengundang cemas.

Pacuan kuda Sumbawa tidak termasuk dalam kriteria standar pacuan kuda nasional, tapi dalam pacuan kuda Sumbawa yang ditonjolkan adalah unsur budaya, seperti tradisi yang lain yang ada di tanah air. Seiring dengan perkembangan saat ini, sudah saatnya masyarakat Sumbawa mengembangkan dan mempertahankan kebudayaan sekaligus olah raga yang telah diwarisi oleh nenek moyang secara turun menurun. Selain itu pacuan kuda di pulau Sumbawa juga menjadi daya tarik wisatawan.

Kegiatan ini diselenggarakan di Arena Pacuan Kuda “Angin Laut” Desa Penyaring, Moyo Utara, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, tanggal 21 Mei – 1 Juni 2014.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi panitia : 0878 6398 9777 atau 0812 3766 665