Longtrip Art Management dan Teater Keong mempersembahkan "Fenomena Dua"

Longtrip Art Management dan Teater Keong mempersembahkan "Fenomena Dua"

Tanggal : 27 Januari 2017 s/d
29 Januari 2017

Lokasi : Gedung laboratorium Drama E6 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Fenomena DUA yang merupakan tajuk dari rangkaian pentas dua tahun sekali Teater Keong kembali hadir sekaligus menutup bulan Januari 2017. Digawangi Bayu Kresna Murti sebagai sutradara dan Noerman Rizky sebagai penata suara, tontonan ini akan menjadi warna yang bukan hanya segar namun juga matang. Bagaimana tidak? Bayu Kresna Murti yang telah berprestasi di banyak festival tingkat regional maupun nasional akhirnya pulang kampung. Noerman Rizky, seorang sarjana psikologi yang bunyi saxophone-nya mungkin masih terngiang di penikmat musik jazz Kota Malang dan resonansi gamelannya yang menggetarkan gendang telinga, kembali untuk menyapa lewat panggung teater.

Tiga pertunjukan teater dan satu pertunjukan musik dalam Fenomena DUA akan menjadi hiburan yang mengedukasi bagi penikmat seni di Kota Malang dan sekitarnya. Di tengah riuhnya suasana politik di Indonesia, lakon “Kampanye” hadir sebagai ruang diskursus yang satire tentang tindakan-tindakan meraih hegemoni. Ruang itu pun dikemas dengan komedi yang tidak akan memberatkan kepala, tetapi memberi penerangan tentang sebuah fenomena sosial, politik, dan budaya.

Tidak jauh berbeda dengan lakon “Yuyu Kangkang”, yang merupakan mythologies tentang sebuah kelicikan manusia dalam mencapai tujuan, memberi ruang dialektika tentang makna ketulusan yang dewasa ini semakin kabur. Lain halnya, lakon “Ken Angrok: Sang Legenda”  menjadi representasi kelicikan-kelicikan kehidupan kita. Kelicikan-kelicikan yang dilakukan demi pencitraan nama sendiri, saling tuduh, saling jegal, saling rusuh, tak berbekal. Ketiga naskah lakon yang dipentaskankan oleh Teater Keong ini dengan gamblang dan berani akan menghadapkan “cermin” kepada penonton.

Tiga hari berpentas dengan menampilkan empat pertunjukan berbeda bukan hal yang mudah untuk sebuah kelompok teater pelajar. Pementasan yang akan mereka tampilkan terdiri atas satu pertunjukan musik dan tiga lakon drama.
 
Pementasan yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Januari. Pada tanggal 27 Januari akan dipentaskan pertunjukan Keong’s Story Music, lakon Kampanye, dan lakon Yuyu Kangkang. Pada tanggal 28 Januari akan dipentaskan pertunjukan Keong’s Story Music, lakon Kampanye, dan Ken Angrok. Keduanya dimulai pada pukul 18.00 WIB di gedung laboratorium drama E6 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Sebagai pamungkas, pada tanggal 29 Januari akan dipentaskan keempat-empatnya, yaitu Keong’s Story Music, Kampanye, Yuyu Kangkang, dan Ken Angrok. Berbeda dengan hari sebelumnya, pementasan pamungkas ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB di tempat yang sama. Pementasan tersebut sangat sempurna untuk dijadikan sebagai penutup bulan perdana tahun ini.

Info Lebih lanjut : Zahro (0896 8038 5529)