NewYorkarto : Orang Jawa Ngerap Di New York

NewYorkarto : Orang Jawa Ngerap Di New York

Tanggal : 27 April 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki

Konser Jogja Hip Hop Foundation (JHF) yang bertajuk NewYorkarto: Orang Jawa Ngerap di New York diselenggarakan pada 27-28 April 2012, pukul 20.00 WIB di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Konser ini didukung oleh Iwa K, Soimah, Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto, dan masih banyak lagi.

Konser Jogja Hip Hop Foundation “NewYorkarto” adalah konser hip hop yang pertama di Indonesia yang memadukan musik hip hop dengan orkestrasi musik gamelan dan string orkestra.  Bahkan, pada konteks pertunjukan musik dunia, memadukan gamelan dan orkestra ke dalam musik hip hop, juga boleh dibilang pertama kali dilakukan. Perpaduan ketiganya itulah yang menjadi kekuatan musikal dari konser ini. Ditambah elemen artistik pertunjukan lain seperti: multimedia, wayang dan fragmen monolog, koreografi tari, maka konser NewYorkarto ini menjadi sebuah formulasi pentas hip hop yang boleh dibilang baru.

Gagasan ini merupakan hasil peleburan budaya dari dua kota yang bertolak belakang melalui musik. Dalam pentas ini terdapat perpaduan budaya Yogyakarta sebagai kota kelahiran JHF, berpadu dengan budaya New York, tempat berkembangnya musik hip hop. Selain itu, NewYorkarto juga bertujuan untuk menekankan kualitas aransemen dan kekuatan lirik yang dimiliki JHF. Maka tak heran, Elizabeth Inandiak dalam film documenter Hiphopdiningrat (2010) menuturkan bahwa semangat inisial hip hop ala Bronx hidup dalam lagu-lagu hiphop berbahasa Jawa yang kerap dibawakan oleh JHF.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, anda dapat melihat di: www.hiphopdiningrat.com

Informasi pembelian tiket : 0857 1935 1935 atau 0838 9971 5725