"Noir Et Blanc" : Pameran Tunggal Drs. Suyadi (Pak Raden)

"Noir Et Blanc" : Pameran Tunggal Drs. Suyadi (Pak Raden)

Tanggal : 26 April 2013 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Siapa tak kenal Pak Raden? Karakter berkostum Jawa dengan kain, blangkon, kumis dan alis mata tebal, bersuara menggelegar, sosok Pak Raden sangat terkenal di dunia anak-anak. Bernama asli Suyadi, kelahiran Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932, sosok Pak Raden tak bisa dipisahkan dengan cerita boneka Si Unyil yang kondang sekitar tahun 1980 an. Ia merupakan pencipta Si Unyil, serial boneka televisi yang akrab bagi anak-anak, dengan menyisipkan pendidikan moral dan tradisi.

Setelah menyelesaikan studi seni rupa di Institut Teknologi Bandung (1952-1960), beliau melanjutkan studi animasi di Perancis (1961-1963). Saat di Paris yang dikenal sebagai pusat seni dunia, ia membuat sketsa-sketsa dengan pinsil memotret pengalamannya sebagai seorang udik dari Jawa di Paris. Pengalamannya yang lucu, terkadang satire, berhadapan langsung dengan kota besar seperti Paris membuat dirinya mengalami gegar budaya.

Potongan pengalaman-pengalaman di rantau inilah yang akan disajikan dalam pameran tunggal kali ini. Sekitar 50 sketsa hitam putih yang dikerjakan pada tahun 1961-1963 saat belajar animasi, mengetengahkan peristiwa-peristiwa yang dicatat oleh nya dalam garis spontan, lugu, dengan warna lokal Jawa di tengah kota Paris yang berkilau.

Selain dicatat sebagai pencipta film boneka Si Unyil, Suyadi dikenal juga sebagai pendongeng, pengajar seni animasi, illustrator dan pengarang buku anak-anak, juga melukis. Pameran kali ini selain menyuguhkan karya sketsa, juga menampilkan beberapa tokoh boneka Si Unyil dan lukisan cat minyak karyanya. Selama pameran berlangsung diadakan acara mendongeng oleh Pak Raden dan beberapa lomba.

Pameran tunggal Drs. Suyadi (Pak Raden) yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation digelar pada tanggal 26 April – 5 Mei 2013, pukul 10.00 – 18.00 WIB, di Bentara Budaya Jakarta, Jl. Palmerah Selatan No. 17, Jakarta 10270.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telp : 021 548 3008 atau dapat dilihat di www.bentarabudaya.com