NOnaDA, Jagongan Wagen Edisi Maret 2016

NOnaDA, Jagongan Wagen Edisi Maret 2016

Tanggal : 19 Maret 2016

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Pada Tahun 2016, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) melalui Jagongan Wagen menghadirkan sebuah model penciptaan karya yang dikenal dengan nama interdisciplinary (antar disiplin) atau pertunjukan yang mengkolaborasikan dua disiplin kesenian atau lebih. Harapannya, model penciptaan karya interdisciplinary ini dapat memberikan wacana baru kepada masyarakat tentang perwujudan karya pertunjukan seni, dan yang terpenting adalah memberikan tantangan kepada seniman-seniman yang terlibat untuk saling membagi kekuatan, mengembangkan, dan mewujudkan kekuatan antar disiplin.

Pada bulan Maret 2016, Jagongan Wagen akan mempresentasikan sebuah pertunjukan seni yang mengkolaborasikan dua kekuatan disiplin seni yaitu disiplin seni musik dan disiplin seni rupa. Setelah melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan: Jagongan Wagen Edisi Maret 2016 “NOnaDA”.

“NOnaDA” adalah sebuah getaran yang merambat di alam semesta. Getaran-getaran yang merasuk pada jiwa-jiwa pencari yang berkelana dalam harmoni dan distorsi. Getaran ini haus dan lapar,  memasuki seluruh petualangan. Di sana ia belajar berbicara, merangkak, berjalan, berfikir, bekerja, belajar tentang yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan, diucapkan dan dipikirkan. NOnaDA dihidupkan melalui kekuatan visual dan bunyi yang hadir sebagai sebuah pertemuan dan perjalanan, menempuh jarak yang menjadi pemisah, mewujudkan imajinasi dan kreasi.
Dalam Jagongan Wagen Edisi Maret 2016 yang berjudul NOnaDA ini, seniman yang mewujudkan gagasannya adalah :

1.    Iqro Akhmad Ibrahim - Seni Rupa
2.    Johanes Lestariono Sabta Wega - Seni Rupa&Musik
3.    Marta Karisma Lelina - Seni Rupa
4.    Thoriq Dwi Prayitno - Musik

Jagongan Wagen Edisi Maret 2016 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 Maret 2016, pukul 19.30 WIB, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)

Jagongan Wagen (JW), adalah ruang masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama berpartisipasi  dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, melalui praktik pertunjukan di PSBK. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, Jagongan Wagen secara nyata mengedepankan bentuk dan isi dari kekuatan kesenian, melalui penciptaan dan pementasan pertunjukan seni. Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan dan difasilitasi oleh PSBK, merupakan proses bagi seniman-seniman untuk secara kolaboratif belajar menciptakan dan menyajikan kekuatan artisitik berkesenian, baik yang bersifat individual maupun kolektif.
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

PSBK, yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978, sejak awal berdirinya  memberikan serta menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang berwujud keindahan hidup manusia dan masyarakat maupun karya itu sendiri. PSBK, bersama dengan seniman dan masyarakat luas serta melalui proses belajar seninya, berusaha menciptakan kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah. Dengan demikian PSBK mengembangkan dan memperluas visi Alm. Bagong Kussudiardja mengenai peran kehidupan seni dalam memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.


Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja
Twitter: @PSBK_Jogja