"NYAH TJOEN"

"NYAH TJOEN"

Tanggal : 19 Juli 2015 s/d
20 Juli 2015

Lokasi : Gedung Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta

Sepenggal sejarah perjalanan bangsa yang mungkin hanya diingat oleh segelintir orang di Nusantara ini diangkat kembali dalam bentuk pertunjukan rakyat, Kethoprak.

Nyah Tjoen, seorang wanita Tionghoa yang aktif membela kaum wanita korban human trafficking atau biasa disebut dengan Perdagangan Manusia dari Tiongkok ke Indonesia. Di tahun 1900-an. banyak wanita Cina dikirim ke Betawi. Dengan iming-iming upah yang besar mereka dijadikan istri simpanan, pelacur atau khusus yang berwajah jelek dijadikan babu tanpa upah. Nyah Tjoen tergerak untuk menolong. Dengan dukungan penuh dari suaminya ( Lie Tjian Tjoen ) dan dr. Zigman, ia mengelola panti asuhan Ati Suci. Ia cari dan ia asuh para korban perdagangan manusia itu di dalam panti. Sementara Lie Tjian Tjoen dan dr. Zigman mencarikan dana untuk kebutuhan panti.

Kepedulian Nyah Tjoen dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Nyah Tjoen sering menemukan bayi yang dibuang di pekarangan rumahnya. Keinginan untuk menolong korban perdagangan manusia menjadi berkembang yaitu menolong bayi-bayi yang dibuang. Bahkan ia juga menolong siapapun yang layak untuk dibantu.

Lakon ini ditulis oleh Drs. Susilo Nugroho atau banyak dikenal dengan sebutan Den Baguse Ngarso dan disutradarai dua seniman kawakan Yogyakarta Marwoto dan Den Baguse Ngarso. Pementasan tersebut didukung oleh beberapa seniman tradisi diantaranya Wisben Antoro, Rini Widyastuti, Rio Srundeng, Novi Kalur, Nano Asmorodono, Marwoto, Den Baguse Ngarso, Bagong Trisgunanto, Hargisundari, Sarjono, Sronto, Bayu Saptama, dan tak lepas kendali lighting Edo Nurcahyo serta dibalut ilustrasi musik oleh Warsana Kliwir, S.Sn. M.Sn.

Pementasan Kethoprak dengan lakon “NYAH TJOEN” akan dilaksanakan di gedung Concert Hall  komplek Taman Budaya Yogyakarta pada bulan Juli ini tepatnya pada tanggal 19 dan 20 Juli 2015 pukul 20.00 WIB. Sebagai salah satu kelompok seni tradisi yang ada di Yogyakarta  Komunitas Tjonthong yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation berusaha memberikan hiburan kepada para wisatawan dan pemudik yang datang ke Yogyakarta dalam rangka liburan, sekaligus pelestarian terhadap seni budaya asli nusantara.

Informasi lebih lanjut : Nicky (0858 7840 0606)