"OBAH! Moving to Move", Jagongan Wagen Edisi November 2014

"OBAH! Moving to Move", Jagongan Wagen Edisi November 2014

Tanggal : 28 November 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran Rt.04 Rw. 21 No. 148, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW) edisi November 2014 menghadirkan karya kolaborasi spesial antara seniman-seniman pertunjukan bersama komunitas diffable. Proses yang dijalani menggunakan metode dan pendekatan yang unik melalui tema kuratorial mengenai OBAH. Seniman beserta mitra diffable berkolaborasi bersama Introdans dari Belanda menciptakan kreativitas kreasi melalui medium tubuh.

Obah dalam bahasa Jawa berarti " gerak , gerakan , bergerak" . Kata ini sering dikontekstualisasikan dalam budaya Jawa dan kehidupan sebagai acuan untuk mendorong seseorang untuk ' mempercepat / bangkit ' dengan ' terus bergerak ' atau ' bergerak ' , ‘dalam rangka untuk bergerak maju. Obah juga bermakna sebagai salah satu kebutuhan untuk kehidupan 'dalam gerakan' ( sebuah simbol tentang pergerakan garis hidup dan siklus hidup manusia ). Obah dalam konteks yang lebih kinestetik seperti tari, secara tidak langsung kata ini dipakai sebagai kata ajakan kepada seseorang untuk bergerak dan membuat gerakan.

Berangkat dari konsep dan gagasan dari tema kuratorial yang berpadu dengan ‘interaksi tari’ ala Introdans yang unik akan menjadi pengalaman pendekatan dan metode dalam Jagongan Wagen kali ini. Gagasan yang akan menginspirasi praktek kreatif gerakan fisik untuk menciptakan gerak yang memungkinkan gerak untuk bergerak tanpa batasan pada tubuh fisik. Proses kreatif pada platform ini juga  mencakup seniman yang berpartisipasi dimana akan berkolaborasi dengan individu dari masyarakat dengan kemampuan fisik yang berbeda.

Jagongan Wagen bulan November akan mempertemukan tubuh-tubuh dengan pergerakannya menciptakan gerak bersama, dan istimewanya, gerak bersama tanpa adanya batasan atas tubuh tersebut. Hasil kolaborasi unik ini akan menjadi ‘OBAH’ dari presentasi karya Jagongan Wagen November.

“OBAH! Moving to Move”, Jagongan Wagen Edisi November 2014 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Introdans Belanda, dan Kedutaan Besar Belanda  akan berlangsung pada hari Jumat, tanggal 28 Nopember 2014, pukul 19.30 - 22.00 WIB, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran Rt.04 Rw. 21 No. 148, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul Yogyakarta.

Seniman yang akan menyajikan karya tersebut, antara lain :

1. Adriaan Luteijn (Introdans-Belanda)
2. Lobke van der Sanden  (Introdans-Belanda)
3. Anna Schmidt  (Introdans-Belanda)
4. Vincent Wolf (Introdans-Belanda)
5. Citra Pratiwi (Teater)
6. Tita Dian Wulansari (Teater)
7. Indiartari Kussnowari (Tari)
8. Jamaludin Latief (Teater)
9. Arjuni Prasetyorini (Tari)
10. Desyana Wulani Putri (Tari)
11. Irvantoro (Siswa SLB Tegar Harapan)
12. Ocka Faza Fathurohman (Siswa SLB Tegar Harapan)
13. Duta Bagas Anantya Putra (Dance Ability)
14. Kurnia Astuti (Guru SLB Tegar Harapan)
15. Dwi Utami (Guru SLB Tegar Harapan)
16. Lusi Insiati ( DanceAbility)

Kuratorial:  Tim Kurator PSBK.
                
Sekilas mengenai Jagongan Wagen

Salah satu bentuk Program Presentasi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Jagongan Wagen (JW) digulirkan untuk membawa masyarakat seni dan selain seni secara bersama-sama berpartisipasi dalam mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, di dalam dan melalui praktek pertunjukan di PSBK.

PSBK memfasilitasi proses bagi seniman-seniman yang belajar dan berkarya secara kolaboratif dalam menciptakan dan menyajikan kekuatan artistik berkesenian yang bersifat individu kolektif. PSBK menghadirkan dan memberlangsungkan Program PResentasi sebagai wadah bagi seniman sekaligus untuk memfasilitasi kekuatan proses penciptaan dan presentasi hasil belajar serta berkarya seni di PSBK.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Keberadaan PSBK sejak awal berdirinya, telah menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian baik yang diwujudkan dalam bentuk karya kesenian maupun yang diwujudkan untuk keindahan hidup manusia dan masyarakat.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :

Email: info@psbk.or.id

Tel./Fax.: +62 274 414404