Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Online Streaming Pertunjukan Di Belantara Tagar, Kau Siapa ?, Jagongan Wagen Edisi September 2020

Online Streaming Pertunjukan Di Belantara Tagar, Kau Siapa ?, Jagongan Wagen Edisi September 2020

Tanggal : 27 September 2020

Lokasi : Youtube Indonesia Kaya

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation (BBDF) kembali mempersembahkan Jagongan Wagen (JW) edisi ketujuh tahun ini dalam format alih wahana digital. Proses fasilitasi ruang kreatif keproduksian alih media dan sajian karya telah terlaksana sejak bulan Agustus di kompleks art center PSBK dengan menyertakan protokol kesehatan penyelenggaraan kegiatan. Jagongan Wagen menampilkan premiere karya baru ini di portal YouTube Media PSBK pada Jumat, 25 September 2020 pukul 19:30 WIB bagi penonton yang teregistrasi di www.psbk.or.id. Selanjutnya secara perdana terbuka umum di portal YouTube Indonesia Kaya yang dapat diakses pada Minggu, 27 September 2020 mulai pukul 19:30 WIB. Penayangan Jagongan Wagen juga disertai dengan adanya Closed Caption bagi audiens dengan difabilitas.

Di Belantara Tagar, Kau Siapa ? merupakan sebuah pertunjukan yang secara jelas menyoal identitas yang sering kali kabur di belantara sosial media. Identitas diri maupun orang lain menjadi sesuatu yang tidak bisa dibaca secara tunggal, melainkan berjalin dengan tanda-tanda baru yang tersepakati. Pada perjalanannya, identitas ini selalu bertatap muka dengan kebaruan-kebaruan, penilaian dan kesepakatan yang disusun berdasar ekstraksi tanda respon peminat. Kita mudah dibuat alpa menghitung waktu, seakan kehilangan arah lambat, dan seringnya tanpa diikuti dengan pertumbuhan diri yang sama cepat.

Di medan media sosial segalanya mungkin terjadi dalam sekejap. Tiba-tiba keladi liar menjadi primadona dengan harga paling tinggi. Tiba-tiba seseorang yang hanya duduk diam selama dua jam, bisa menempati daftar kata kunci pertama di mesin pencari. Di sisi lain, media sosial seringkali juga menjadi wadah simpang siurnya kebenaran fakta pada sebuah informasi. Tayangan citra semakin memanipulasi, hingga sering berujung pada merapuhnya jati diri demi popularitas dan eksistensi. Mudah terhubung, cepat dikenal, banyak pengikut, seakan menjadi tujuan-tujuan baru yang menggiurkan. Tak heran jika ikuti, sukai, pos ulang, dan jumlah komentar, dimaknai sebagai wujud parameter pengakuan paling tinggi.

Pada pertunjukan kali ini secara khusus Seniman Pascaterampil mengeksplorasi platform media sosial Instagram. Mereka membedah modus-modus citraan diri dalam media sosial tersebut. Kemudian mereka mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di Instagram untuk digunakan sebagai tulang punggung penciptaan karya. Keputusan pemilihan media sosial Instagram berdasar pada pengalaman yang akrab dari seniman dengan platform tersebut. Melalui pengalaman menggunakan platform tersebut para seniman menemukan modus-modus citraan diri. Ada dua hal yang disoroti, identitas yang dibangun oleh sebuah akun dan juga modus diri dalam mencitrakan diri sebagai upaya membangun sebuah identitas. Dari pembacaan ke luar dan ke dalam diri inilah pertunjukan ini disusun.

Seniman Pascaterampil yang berpartisipasi dalam presentasi karya Di Belantara Tagar, Kau Siapa? ini diantaranya, Chairol Imam (Seni Rupa) dari Surakarta, Egi Adrice (Seni Musik) dari Indramayu, M. Y. A. Rozzaq alias Ozaques (Seni Rupa) dari Yogyakarta, Teguh Hadiyanto alias teHAto (Seni Rupa) dari Jakarta. Pada pertunjukan ini juga hadir Chaerus Sabry sebagai penampil. Pada Senin, 28 September 2020 pukul 19:30 WIB akan diadakan Bicang Karya dengan menghadirkan semua peserta program Seniman Pascaterampil PSBK 2020. Bincang Karya ini terbuka untuk masyarakat umum dan disiarkan melalui Instagram @psbk_jogja.