Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Opera Bakdan Neng Sala Lakon "Sinta Obong"

Opera Bakdan Neng Sala Lakon "Sinta Obong"

Tanggal : 7 Juni 2019 s/d
9 Juni 2019

Lokasi : Benteng Vastenburg, Surakarta

Opera Bakdan Neng Sala dengan lakon “Sinta Obong” merupakan adopsi dari cerita Ramayana. Berbeda dengan pertunjukan tari dan pementasan wayang lainnya, karya ini menyuguhkan garap tari dialog dan tembang serta melibatkan 150 seniman. Gagasan konsep opera ini menitikberatkan pada garap gerak tari kekinian tanpa meninggalkan tradisi yang ada. Demikian juga dengan garap musik yang diracik sedemikian rupa sehingga nuansa opera yang megah dan agung dapat dirasakan oleh penonton. 

Kali ini, konsep pertunjukan akan mengeksplorasi bentuk panggung dengan mengolah dimensi agar terlihat menarik, tentunya menyesuaikan alur cerita yang dibutuhkan. Selain itu kostum juga kami garap serealis mungkin sesuai peran masing-masing tanpa meninggalkan rasa tradisinya. Semua ini dikolaborasikan menjadi satu kesatuan pertunjukan agar penonton dapat merasakan ikut masuk dalam garapan dunia opera. 

Bakdan Neng Sala Nonton Opera Ramayana sudah terselenggara selama 4 kali dalam 4 tahun dan momentumnya bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Event ini merupakan agenda tahunan Kota Solo, sebab event ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Berikut adalah judul atau lakon yang pernah dipentaskan, Anoman Obong (2015), Sang Anoman (2016), Rama Tambak - Kumbokarno Gugur (2017) dan Goa Kiskendo (2018).

Lakon Sinta Obong adalah rangkaian dari beberapa peristiwa yang penting dalam keseluruhan lakon Ramayana. Garapan ini dimulai dari episode Anoman Duta, sampai dgn Anoman Obong. Episode berikutnya peristiwa Rama Tambak, dalam episode ini memfokuskan garapan pada pelestarian dan perawatan ekosistem, dalam hal ini laut beserta kehidupan yang ada di dalamnya. Episode berikutnya adalah Kumbokarna Gugur dan dilanjutkan Brubuh Ngalengka. Merupakan puncak garapan, adalah episode Sinta Obong. Dalam garapan ini akan dikisahkan bayangan yang menghantui hati dan sanubari Dewi Sinta. Dia sangat prihatin hanya karena mempertahankan dirinya, terjadilah peristiwa yang sangat luar biasa dan mengakibatkan korban yang tak terhitung jumlahnya.

Kegiatan Bakdan Neng Sala Nonton Ramayana yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan digelar pada 7-9 Juni 2019, pukul 17.00 WIB di Benteng Vastenburg Surakarta.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia :
Ika : 0813 2935 2165