Opera Drama Wayang Swargaloka 'Sumpah Abimanyu'

Opera Drama Wayang Swargaloka 'Sumpah Abimanyu'

Tanggal : 22 Desember 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Taman Budaya Yogyakarta

Bakti Budaya Djarum Foundation mendukung kegiatan The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka dengan cerita “Sumpah Abimanyu”. Sebuah penyajian seni tradisional dalam kemasan baru, perpaduan wayang orang, wayang kulit, seni musik, seni rupa dan teater modern yang didukung oleh 150 seniman dan disajikan dalam bahasa indonesia.

Sebuah kisah yang dipetik dari maha karya Mahabarata.  Abimanyu adalah kesatria muda yang telah terdidik menjadi seorang prajurit sejati. Masa kecil hidup penuh penderitaan membuat langkahnya semakin pasti karena berbekal laku brata. Perseteruan Pandawa dan Kurawa yang tak kunjung berakhir menjadi catatan dalam benak Abimanyu, diapun telah memastikan esok prahara itu pasti terjadi, cepat atau lambat.

Akhirnya Abimanyu harus mengangkat senjata ketika Bharatayuda terjadi. Meski hari itu bukan saat yang tepat Abimanyu ke medan laga, namun sebagai seorang kesatria sejati harus memutuskan untuk maju ke medan laga. Abimanyu mengerti dia harus berhadapan dengan Durna, Karna, Duryudana, Adipati Sindu dan senopati-senopati Kurawa lainnya. Tekadnya sudah bulat menyelamatkan Prabu Puntadewa dari kepungan musuh, dan itu harus dibayar mahal. Tentara Kurawa akhirnya mengepung Abimanyu yang terlepas dari pengawalan prajurit Pandawa.

Pementasan yang juga melibatkan seniman kawakan dari Yogyakarta yaitu Marwoto, Yati Pesek dan kawan kawan tersebut, dipersembahkan sebagai apresiasi bagi masyarakat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun pementasan tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Desember 2012 di Taman Budaya Yogyakarta, mulai pukul 20.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini dapat menghubungi nomor : 021 9825 2722, 0274 523 512, atau 0813 926 027 83